Zainal Daud Sesalkan Penandatanganan Tapal Batas Sulteng dan Gorontalo

- Periklanan -

PALU-Anggota DPRD Sulteng dari Fraksi PKB, Drs. H. Zainal Daud menyesalkan terjadinya penandatanganan masalah tapal batas Provinsi antara Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan Provinsi Gorontalo, tepatnya perbatasan antara Kabupaten Buol dengan Kabupaten Gorontalo Utara.

Kepada Radar Sulteng, H. Zainal Daud menyayangkan terjadinya persetujuan tapal batas antara kedua provinsi itu tanpa melibatkan pihak-pihak terkait, misalnya Kabupaten Buol yang sangat memahami batas-batas wilayah kedua provinsi, dan DPRD Sulteng sebagai pihak legislatif.

Zainal sangat kesal dengan terjadinya langkah-langkah kompromi yang terkesan buru-buru.

- Periklanan -

“Saya sebenarnya keberatan, batas dua desa di Kabupaten Buol itu Desa Umu dan Desa Talinggula, kemudian ada hasil Kepmendagri Nomor 59 yang mengatur kesepakatan tapal batas antara Provinsi Sulawesi Utara dengan Provinsi Sulawesi Tengah, itu sangat jelas mana –batas-batasnya dua provinsi ini. Itu kan sudah ada suratnya kenapa harus dirobah itu, “ papar Zainal, usai menghadiri acara serah terima jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng periode 2021-2024 H. Rusdy Mastura-H. Ma’mun Amir, di DPRD Sulteng, Senin (21/6).

“ Ini keputusan dirubah seenaknya oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie. Ini kita harus sahuti ulang oleh pemerintah Sulawesi Tengah khususnya DPRD Sulawesi Tengah ke Kemendagri, “ tegas Zainal.

Menurutnya, masalah kekeliruan yang dibuat oleh Pemerintah Gorontalo itu harus diselesaikan secara tuntas. Tidak bisa seenaknya.

“ Kemudian, yang kami sesalkan juga ada Kepala Biro (Karo) Pemerintahan di Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang berani menandatangani atas nama Gubernur Sulawesi Tengah. Ini sangat merugikan, harusnya dikonsultasikan dengan Pemerintah Kabupaten Buol, dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah. Inikan bukan hanya urusan eksekutif, tetapi juga ini urusannya DPRD Sulawesi Tengah, “ tegas Zainal.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.