Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Wilayah Sulteng Peluang Berpotensi Hujan Disertai Kilat

https://www.bmkg.go.id
HASIL ANALISA: Dinamika atmosfer mengindikasikan terdapat sirkulasi angin di sekitar Laut Banda bagian Timur yang menyebabkan terbentuknya daerah perlambatan dan pertemuan angin disekitar wilayah Indonesia bagian barat dan tengah. Kondisi tersebut diprakirakan dapat meningkatkan potensi hujan di beberapa wilayah di Indonesia.

PALU – Anda yang punya rencana silaturrahim keluar daerah, sebaiknya untuk mempersiapkan perlengkapan mengantisipasi hujan. Berdasarkan data yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Sulteng berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat serta angin kencang. Bukan hanya pada siang hari, tetapi juga terjadi pada malam hari.
Mengutip data yang dirilis BMKG, melalui website resminya, https://www.bmkg.go.id, bahwa hampir semua kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah, berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas rendah yang disertai petir dan kilat. Data BMKG juga menyebutkan, bahwa hujan akan disertai dengan angin kencang.
“Wilayah yang potensi hujan dengan intensitas sedang bahkan lebat, disertai petir atau kilat serta angina kencang, terjadi di wilayah Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan,”tulisan BMKG dalam websitenya.
Khusus untuk Kota Palu, BMKG merilis bahwa pada siang dan dinihari berpotensi terjadi hujan lokal. Kemudian pada malam hari akan terjadi udara kabur, serta temperature antara 21 hingga 27 derajat celcius serta tingkat kelembaban antara 75 hingga 95 persen.(hnf)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.