Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Waspadai Angin Kencang, Sulteng Memasuki Musim Pancaroba

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Ilustrasi (Foto:Muhammad Hasby)

PALU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Klas II Mutiara Palu menyatakan saat ini wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) sedang memasuki musim pancaroba. Masyarakat diminta untuk mewaspadai perubahan cuaca, angin kencang dan petir secara tiba-tiba.

“Kalau untuk besok (hari ini, red) siang sampai sore diguyur hujan sedang sampai lebat, khususnya wilayah Sulteng bagian selatan seperti di Morowali, Poso Selatan, Pamona, Sigi, dan Lore,” kata Forecaster BMKG Stasiun Meteorologi Klas II Mutiara Palu, Moh Fathan, Jumat (31/3).

Fathan mengatakan, meskipun beberapa wilayah Sulteng terdapat tipe musimnya masing-masing khususnya Kota Palu, tapi tetap terpengaruh dengan adanya musim pancaroba ini.

“Biasa pagi sampai siang cerah, masuk sore hingga malam hujan, tapi tidak lama, intensitasnya dari sedang sampai lebat,” sebut Fathan.

Menurutnya, yang perlu diwaspadai juga adanya angin kencang yang datang secara tiba-tiba, hingga petir mulai dari sore hingga malam hari. Selain itu, kata Fathan, adanya musim pancaroba juga sering terbentuknya awan cumulonimbus yang berpengaruh kepada jasa penerbangan hingga potensi angin puting beliung juga ada.

“Untuk penerbangan kita selalu melakukan komunikasi kepada maskapai jika ada cuaca yang signifikan,” ungkapnya.

Menurutnya, musim pancaroba sudah berlangsung dari pertengahan bulan Maret, diperkirahkan akan berakhir pada akhir bulan Mei mendatang. “Masyarakat harus bisa melihat kondisi cuaca dulu sebelum beraktivitas, sama halnya dengan nelayan yang pergi melaut,” tutup Fathan, pria asli dari Poso ini. (acm)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.