Waspada! Produk Ilegal Diamankan dari Toko Kosmetik

- Periklanan -

Petugas BPOM Palu saat melakukan razia kosmetik di setiap toko kecantikan yang berada di Pasar Masomba, Senin (20/11). (Foto: Wahono)

PALU – Puluhan produk kosmetik tanpa izin edar ditemukan di sejumlah toko kecantikan yang ada di wilayah Pasar Masomba. Temuan ini, merupakan hasil razia yang digelar Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Palu,  Senin (20/11).

Ketua Tim Razia BPOM Palu, Passima  membenarkan hasil temuan di sejumlah toko kosmetik yang ada di Pasar Masomba, banyak yang tidak terdaftar dan memiliki izin edar. “Sudah ada puluhan Kosmetik yang kami dapatkan itu tidak terdaftar atau tidak memiliki izin edar, karena kosmetik tersebut tidak dapat dijamin mutunya apabila tidak memiliki izin edar, sebab tidak melakukan pengujian kepada BPOM,” katanya.

- Periklanan -

Dirinya menjelaskan bahwa, bisa saja barang tersebut dapat menimbulkan kerugian kesehatan apabila digunakan oleh konsumen. “Semua barang ini tentunya kami akan sita, dan kita akan laporkan kepada pimpinan, apabila akan dimusnahkan maka kami lakukan pemusnahan,” kata Passima.

Untuk pemilik toko yang kedapatan menjual kosmetik tanpa izin edar ini, langsung dimintai keterangan terkait asal-usul kosmetik yang dijualnya. “Dari keterangan pemilik toko itulah kita akan lakukan pengembangan kepada pemasok barang tanpa izin edar ini,” tambahnya.

Pantauan di lokasi razia petugas BPOM yang dipusatkan di Pasar Masomba, bukan hanya satu toko saja yang ditemukan adanya kosmetik tanpa izin edar, namun ada beberapa toko. Seluruh kosmetik tersebut kemudian diamankan untuk selanjutnya dibawa ke kantor BPOM Kota Palu. Tanpa izin edar sendiri, produk kosmetik ini disinyalir berbahaya. (who)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.