Warga Dusun IV Karawana Terima 50 Unit Huntara

Penantian Panjang Berujung Bahagia

- Periklanan -

SIGI-Bencana gempa bumi dan likuifaksi yang melanda Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), pada September 2018 lalu, telah memporakporandakan tempat tinggal dan kehidupan masyarakat, termasuk bagi warga Dusun IV Desa Karawana Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulteng. Rumah warga Dusun IV hampir semuanya rusak dan hancur, mulai dari rusak ringan, rusak sedang, dan rusak berat.

Bahkan pasca masa tanggap darurat, masyarakat masih belum pulih kondisinya seperti sediakala. Karena itu, Yayasan Wahana Mandiri Indonesia (WMI) dengan dukungan dana dari donor MAA International Australia dan masyarakat Australia membantu masyarakat Dusun IV Karawana untuk membangun tempat tinggal yang layak huni, aman, dan nyaman, sesuai dengan standar hunian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Sesuai kesepakatan dengan MAA International selaku donor, hunian sementara (Huntara) yang dibangun Yayasan WMI berukuran 6 x 4 meter dengan fasilitas 2 kamar tidur dan ruang tamu. Huntara dilengkapi dengan plafon, 2 jendela di ruang tamu dan jendela di masing-masing kamar tidur.

Yayasan WMI memulai pembangunan Huntara pada September 2019, dan selesai 15 Januari 2020 lalu. Ada 50 keluarga Dusun IV Desa Karawana yang mendapatkan bantuan huntara yang dibangun di lahan milik masing-masing warga. Warga penerima manfaat juga dilibatkan dalam proses pembangunan huntara sebagai bagian dari partisipasi aktif masyarakat dan rasa memiliki. Di sisi lain, pelibatan ini juga memberikan kesempatan dan akses untuk mendapatkan pendapatan bagi masyarakat penerima manfaat.

Penyerahan 50 unit Huntara dilakukan oleh Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Sulteng, Suandi, bersama Kepala Seksi (Kasi) Bencana Sosial Dinsos Kabupaten Sigi, Nawir. Koordinator Sub Kluster Shelter Sulteng, Johanes Julius juga turut hadir, didampingi Executive Manager Yayasan WMI, serta para perangkat Desa Karawana.

Serah terima ini dilaksanakan pada 6 Februari 2020 di Dusun IV Karawana, yang dihadiri oleh para penerima manfaat. Dikesempatan itu, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Sulteng, Suandi, yang mewakili Kepala Dinas Sosial Sulteng berpesan agar warga penerima manfaat Huntara untuk menggunakan fasilitas yang telah diserahkan itu dengan baik.

“Pesan kami kepada masyarakat penerima huntara, hendaknya bangunan huntara ini digunakan dengan sebaik-baiknya. Tak lupa pula, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada NGO Wahana Mandiri Indonesia dan MAA International Australia atas bantuan kepada warga Sigi ini, ” ujarnya.

Sementara itu, mewakili Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Sigi, Nawir, yang menyampaikan pesan dari Bupati dan Kepala Dinas Sosial Sigi, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Yayasan WMI dan MMA sejauh ini, telah memberikan huntara.

- Periklanan -

“Pemerintah Kabupaten Sigi menyampaikan banyak terima kasih kepada Yayasan WMI dan MAA International atas bantuan tempat tinggal yang aman dan nyaman bagi 50 keluarga di Dusun IV Karawana, Kabupaten Sigi, ” ucap Nawir.

Sedangkan pesan dan harapan dari Manager Yayasan WMI, Suharti, agar masyarakat dapat segera menempati huntara yang telah diserahkan, serta dijaga dan dirawat agar dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lebih lama.

Demikian pula dari pemerintah desa, yang diwakili Sekretaris Desa, menyampaikan agar masyarakat tidak manja dan memanfaatkan bantuan secara baik dan berkegiatan seperti semula.

Hari itu, setelah menyerahkan huntara, dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis berupa bibit tanaman buah, dan tanaman konservasi di lahan warga. Penanaman pohon didahului oleh Kabid Sosial Dinsos Sulteng, Suandi, bersama Kasi Sosial Dinsos Sigi, Nawir.

Bantuan 400 unit bibit tanaman dari BPDAS Sulteng itu terdiri dari jenis buah sirsak, nangka, alpokat, asem Jawa dan ketapang. Diharapkan pohon yang ditanam dapat memberikan dampak positif dan kesejukan di lingkungan Dusun IV Karawana.

Usai penyerahan huntara dan penanaman pohon, dilakukan kunjungan ke huntara yang telah dihuni warga. Ibu Nurdin sebagai salah satu penerima manfaat menyampaikan ucapan terima kasinya kepada Yayasan WMI dan MAA Australia yang telah memberikan huntara untuk ditempati bersama keluarga.

“ Saya dari lubuk hati yang paling dalam, mengucapkan banyak terima kasih kepada Yayasan WMI dan MAA yang telah membantu kami mendapatkan tempat tinggal yang layak dan lebih nyaman, ” ujarnya.

Demikian juga yang disampaikan Ketua RT 10, Nurdin, dan Kepala Dusun IV, Aris, yang juga sebagai penerima bantuan huntara menyampaikan banyak terima kasih dan penghargaan kepada NGO Wahana Mandiri Indonesia dan MAA International yang telah membantu masyarakat Dusun IV Karawana dengan membangunkan huntara yang aman dan nyaman.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.