Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Wapres Perintahkan Segera Selesaikan Pembebasan Lahan Huntap

PALU – Pembangunan Hunian Tetap (Huntap) di Kelurahan Tondo yang ditargetkan pembangunannya 1.500 unit saat ini terkendala pembebasan lahan. Dari 84 hektar lahan yang telah di-SK kan Wali Kota Palu, ternyata baru 30 hektar lahan yang siap dibangun Huntap.

Huntap yang dibangun oleh Yayasan Buddha Tzu Chi itu, Senin siang (7/10) ditinjau langsung oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Sudah sekitar 200 unit Huntap terbangun, namun belum ditempati oleh warga, karena belum selesainya pembebasan lahan. Permasalahan yang ada ini pun disampaikan langsung pihak Buddha Tzu Chi kepada Wapres.

Wapres sempat menanyakan permasalahan itu kepada Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil dan Dirjen Pengadaan Tanah, Arie Yuriwin. Jusuf Kalla pun meminta agar permasalahan ini segera diselesaikan, agar masyarakat bisa segera menghuni Huntap yang ada. “Segera diselesaikan itu,” sebut Wapres Jusuf Kalla kepada Menteri ATR/BPN dan jajarannya.

Ditemui terpisah Perwakilan Buddha Tzu Chi, Aida Angkasa mengungkapkan, di lahan 30 hektar yang diberikan itu, pihaknya belum bisa membangun sesuai target Huntap sebanyakl 1.500 unit. Lahan 30 hektar itu hanya bisa dibangun sebanyal 1.100 unit saja, itu pun di luar fasilitas umum, seperti sekolah. “Belum lagi ternyata di lahan ini, ada yayasan lain yang juga ikut bangun. Kami tidak mau bangun semua kalau tidak ada fasilitas umum seperti sekolah nantinya, karena kasihan juga masyarakat harus keluar biaya lagi menyekolahkan anaknya di luar lokasi ini,” sebut Aida di lokasi pembangunan Huntap. (agg)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.