Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Wani II Diguncang Gempa 3,3 SR

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Gambar hasil deteksi BMKG Stasiun Geofisika Klas I Palu titik gempa yang terjadi di Desa Wani II, Kabupaten Donggala tadi malam. (Source: BMKG)

PALU – Meskipun berkekuatan lemah, masyarakat Kota Palu dan sekitarnya kembali dikejutkan dengan gempa bumi tektonik yang terjadi sekitar pukul 22.22 Wita, Senin (10/8) malam.

Data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Klas I Palu menyebutkan gempa berpusat di darat tepatnya di Desa Wani II, Kabupaten Donggala atau 6 km arah timur laut Wani II. Hasil analisa BMKG menunjukan bahwa gempa bumi tersebut berkekuatan 3.3 Skala Richter (SR) dan tidak berpotensi tsunami serta merusak bangunan warga, dengan episenter terletak pada koordinat 0.64 LS dan 119.89 BT, pada kedalaman 6 km.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas I Palu, Petrus Demon Sili mengatakan, peta tingkat guncangan (shake map, red) BMKG menunjukan bahwa dampak gempa bumi masih berupa guncangan lemah, dirasakan di daerah Palu dalam skala intensitas I SIG BMKG atau (II MMI). “Artinya di daerah ini guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh beberapa orang, ada sebagian warga Palu yang tidak merasakan,” kata Petrus, Senin malam.

Terkait gempa tersebut, Petrus mengungkapkan, hingga laporan gempa ini disusun hingga pada pukul 23.30 Wita belum terjadi lagi aktivitas gempa bumi susulan dari gempa utama. Dia meminta masyarakat sekitar agar supaya tetap tenang dan waspada, apabila terjadi gempa susulan dapat terus mengikuti arahan dari instansi terkait dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan BMKG sendiri.

Khususnya masyarakat di daerah pesisir Petrus mengimbau tidak mudah terpancing dengan isu, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. “Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini sangat dangkal, akibat aktivitas patahan Palu Koro,” pungkasnya. (acm)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.