Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Walikota Resmikan Perpustakaan dan Asrama MAN IC Kota Palu

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU-Walikota Palu, H. Hadiyanto Rasyid, SE, meresmikan tujuh bangunan baru di lingkungan Kampus MAN Insan Cendekia (IC) Kota Palu, disaksikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Dr. H. Rusman Langke, M.Pd, Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kota Palu, Dr. H. Nasruddin L. Midu, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulteng Dr. Kiflin Pajala, Kamad MAN, Kamad M.Ts, dan Kamad MIN se Kota Palu, Camat Palu Utara, Lurah, Kapolsek, Danramil, dan tokoh masyarakat Kelurahan Layana, dan pejabat lainnya.

Dalam penyampaian laporannya, Kepala Madrasah (Kamad) MAN IC Kota Palu, Drs. H. Soim Anwar, M.Pd, menjelaskan histori dari perjalanan dan pengembangan pembangunan kampus MAN IC yang megah saat ini. Seperti diketahui, MAN IC Kota Palu mulai beroperasi pada tahun 2016. Awalnya masih menumpang di MAN 2 Model Palu.

Dalam kesempatan itu, Soim memaparkan pula sarana dan prasarana yang belum ada di MAN IC Kota Palu yaitu sarana jalan menuju kampus MAN IC Kota Palu yang rusak berat, dan pagar kampus yang masih bersifat sementara.

“Dulu di awal-awal berdirinya di tahun 2016, dengan semangatnya para siswa dan siswi kami banyak terjadi kejadian yang cukup memprihatinkan diakibatkan kondisi jalan yang masih dalam kondisi rusak berat, “ papar Soim.

Mengenai keadaan para guru ASN dan non ASN sebanyak 21 orang, ditambah staf non kependidikan yaitu di posisi Satpam dan cleaning servis sebanyak 36 orang. Dipaparkan pula prestasi siswa di berbagai ajang lomba teknologi, pariwisata dan budaya yang gilang gemilang bergantian menjadi juara dan terbaik di setiap tahun ajarannya, baik di tingkat Kota Palu, tingkat provinsi maupun di tingkat nasional.

Soim pun tak lupa mengungkapkan peran Ketua Komite MAN IC, Dr. Saude, telah memberikan bantuan motor Kaisar, dan beberapa sarana lainnya untuk kepentingan kampus. Dengan slogan Madrasah Hebat Bermartabat, disandingkan dengan slogan Kota Palu yaitu Palu Mantap Bergerak, MAN IC Kota Palu optimis terus mempertahankan prestasinya menjadi yang terbaik.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag, H. Rusman Langke, yang megisahkan dulu 3 tahun yang lalu bangunannya (MAN IC Kota Palu, red) baru delapan unit, tetapi sekarang telah berdiri 16 gedung, termasuk gedung yang diresmikan hari ini.

” Di Indonesia ada 24 provinsi yang punya MAN IC. Karena itu saya katakan MAN IC Kota Palu ini merupakan salah satu icon pendidikan di Sulawesi Tengah, ” ujar Kakanwil.

Menurutnya, surat berharga syariah negara (SBSN) telah berperan sehingga melahirkan dan membangun gedung-gedung baru di MAN IC. “ Kepada Kamad MAN IC, Soim Anwar, saya meminta bangun koordinasi lintas sektoral. Kalau bisa gunung-gunung ini bisa dijadikan gedung-gedung lagi, “ pintanya.

Sementara itu, Walikota Palu, H. Hadiyanto Rasyid, dalam sambutannya mengatakan Insya Allah jalan yang diusulkan oleh Kamad MAN IC untuk ditingkatkan menjadi jalan yang mulus menuju kampus MAN IC ini bisa dibangun sesegera mungkin.

“ Pembangunannya atau peningkatan jalan ini, jalan di depan kampus, paling lambat tahun depan. Nanti MoU akan kita lakukan bersama jajaran MAN IC. Dan kami pemerintah kota sangat komitmen, “ kata Hadiyanto Rasyid.

Selanjutnya, Walikota berjanji, selain gedung yang sudah ada akan ditambah lagi sarana perpustakaan yang modern. “Kami akan bikin perpustakaan yang modern, berkelas internasional, dan didukung sistem digitalisasi, ” tandas Walikota.

Menurut Walikota untuk menuju dan mewujudkan cita-cita pembangunan di Kota Palu dengan berbagai elemen adalah sinergitas. Sinergitas itu tidak hanya diantara internal pemerintah saja, tetapi juga bersama masyarakat.

” Mari kita saling mendukung, saling menopang, dan saling mengingatkan. Mari kita jadikan prestasi MAN Insan Cendekia Kota Palu ini merupakan prestasi bersama, “ kuncinya.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.