Walikota Malang Puji Pelajar Donggala

Saat Peresmian Gedung SMP 1 Sindue Bantuan Pembaca Radar Malang

- Periklanan -

DONGGALA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala dipimpin langsung Bupati Donggala, Drs Kasman Lassa dan wakil Bupati, Mohammad Yasin menyambut kedatangan rombongan Wali Kota Malang, Drs H Sutiaji dan Direktur Jawapos Radar Malang, Kurniawan Muhammad.

Wali Kota Malang yang didampingi ketua TP PKK Kota Malang, Hj Widayati Sutiaji disambut dengan tarian adat penyambutan. Ditempat itu, Sekkab Donggala dan seluruh pimpinan OPD juga turut hadir bersama para guru.

Kedatangan orang nomor satu dari kota Malang ini dalam rangka meresmikan gedung SMP 1 Sindue yang rusak akibat gempa bumi 2018 silam. Dimana gedung SMPN Sindue mengalami kerusakan dan dibangun kembali dari pembaca Radar Malang, Disdik dan PGRI Malang. Sejak kemarin (7/1) gedung tersebut sudah dapat dimanfaatkan kembali.

Pembangunan kembali gedung SMP 1 Sindue ini merupakan inisiasi dari Jawapos Radar Malang. Bantuan ini berasal mulai dari Dinas Pendidikan, PGRI Kota Malang dan serta warga pembaca Radar Malang.

Bantuan itu disambut baik oleh Pemkab Donggala. Bupati pada kesempatan itu mengatakan, bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada tanggal 28 September 2018 yang lalu, bukan hanya menyisahkan cerita korban jiwa, rumah rusak, tetapi juga berdampak pada kerusakan lainnya termasuk fasilitas pendidikan. “Pada masa itu telah banyak bantuan datang dari saudara-saudara sesama anak bangsa dari berbagai pelosok negeri,” sebut Kasman.

- Periklanan -

Demikian halnya kata Kasman, bantuan yang diberikan  masyarakat Kota Malang mulai sejak tanggap darurat sampai dengan tahap rekonstruksi. Kasman mengatakan, gedung SMP 1 Sindue telah direhab kembali, melalui donasi dari masyarakat kota malang. “Dimana sejatinya sekolah ini dapatlah dikatakan sebagai monumen persaudaraan antara masyarakat Kota Malang dan Kabupaten Donggala yang senantiasa akan dikenang oleh anak dan cucu kita kelak dimasa yang akan datang,” katanya.

Sebelum mengakhiri sambutan Kasman Lassa, atas nama pribadi, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Donggala menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Walikota Malang dan segenap masyarakat Kota Malang yang telah memberikan bantuan kepada daerah Kabupaten Donggala. “Semoga segala bantuan yang diberikan akan bernilai ibadah di sisi Allah SWT,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Radar Malang, Kurniawan Muhammad menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan Pemkab Donggala. Kurniawan mengatakan, bantuan dari pembaca Jawa Pos Radar Malang bekerjasama dengan Pemkot Malang, PGRI Kota Malang, Dinas Pendidikan Kota Malang dan P4TK BOE atau VEDC  akhirnya bisa digunakan kembali. “Terima kasih kepada Pemkab Donggala yang telah menyambut baik kedatangan kami. Terima kasih pula kepada Pemkot Malang yang sudah mempercayai Radar Malang untuk bersama-sama mewujudkan bantuan dari pembaca Radar Malang,” ujarnya.

Senada dengan Kurniawan, Wali Kota Malang Drs H Sutiaji mengapresiasi penyambutan Pemkab Donggala yang sangat berkesan. Sutiaji menilai, Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda berserta pimpinan OPD tampak sangat solid. Hal itu terbukti dengan antusias dan kehadiran seluruh jajaran Pemkab Donggala pada kegiatan tersebut. “Kehadiran seluruh komunitas, para OPD dan seluruh jajaran menunjukan komitmennya bahwa ingin menjaga amanah masyarakat kota Malang. Jangan lihat nilainya, tapi niat tulusnya. Dan kami berterima kasih di sini juga diterima dengan baik,” katanya.

Sutiaji menilai, SMP 1 Sindue menjadi salah satu sekolah terbaik yang ada di Kabupaten Donggala. Sebab kata Sutiaji, SMP 1 Sindue telah menelurkan orang-orang terbaik. Termasuk Bupati dan Wakil Bupati Donggala. “Murid-murid di sini juga luar biasa. Kita berharap Semoga bantuan ini bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik,” kata Sutiaji seraya memuji kemampuan murid SMP 1 Sindue yang melantunkan ayat suci Alquran sangat baik.

Usai memberikan sambutan, Wali Kota Malang berserta Bupati Donggala melakukan peninjauan ke gedung sekolah. Selain membangun ruang kelas SMP 1 Sindue, tim Radar Malang juga membangun masjid At Tartib di Desa Sidera, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Masjid dan sekolah tersebut rusak berat akibat gempa bumi berkekuatan 7,4 SR yang terjadi pada Jumat 28 September 2018. Pembangunan terlaksana berkat bantuan pembaca Radar Malang dan donasi lainnya. (ujs)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.