alexametrics Walikota Berikan Target BPBD Penyaluran Stimulan Tiga Bulan – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Walikota Berikan Target BPBD Penyaluran Stimulan Tiga Bulan

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Penyaluran Dana Stimulan lanjutan ditarget dapat selesai dalam waktu tiga bula. Target ini diberikan langsung Wali Kota Palu kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu sebagai instansi yang berwenang menyalurkan dana stimulan tersebut.

Kepala Seksi (Kasi) Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu Haris, mengatakan, untuk penyaluran bantuan rumah rusak warga penyintas 28 September 2018 tahap dua lanjutan, ditarget selesai tiga bulan, dimulai dari awal bulan Maret tahun ini.

“Wali Kota Palu menargetkan kami tiga bulan tahapan penyaluran sudah selesai semuanya, kami akan usahakan,” ungkapnya kepada Radar Sulteng saat ditemui langsung di ruangannya kemarin, Senin (1/3).

Penyaluran bantuan stimulant untuk data yang telah diajukan ke BNPB pusat sebanyak 21.014 Kepala Keluarga (KK). Data kerusakan rumah warga tahap dua lanjutan, rusak ringan 17.507 KK, rusak sedang 2.880 KK, rusak berat 627 KK, total 21.014 KK.
Hal ini kata dia, disesuaikan setelah diterimanya surat resmi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Pusat, terkait dengan diperbolehkannya penggunaan sisa dana stimulant yang ada di kas daerah kota Palu. “Alhamdulillah surat persetujuan dari BNPB pusat sudah kita terima,” bebernya.

Sisa dana yang ada Rp370 miliar lebih, ini yang akan digunakan nantinya untuk penyaluran stimulant tahap dua lanjutan. Haris pun menjamin, bahwa untuk data-data warga yang telah disampaikan melalui masing-masing kelurahan tidak bakal berubah lagi, sehingga data yang sudah di kirim di masing-masing kelurahan tinggal menunggu proses tahapan penyaluran.

Namun sebelum tahapan penyaluran, dengan batas waktu menyelesaikan tahapan administrasi hingga tanggal 5 Maret 2021, semisal perekrutan kembali Tim Pendamping Percepatan Pembangunan Perumahan (TP4), pembuatan rekening warga penyintas serta pendampingan, upaya-upaya proses penyaluran bantuan stimulant sudah bisa dilaksanakan.

“Kita target penyelesaian tahapan administrasi termasuk pembentukan TP4 sama pembukaan rekening sampai tanggal 5 Maret mendatang, setelah itu baru kita mulai menyalurkan kepada yang berhak menerimanya,” ungkapnya. (zal)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.