alexametrics Wakili Sulteng, Tiga Siswa SMP Al-Azhar Juara – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Wakili Sulteng, Tiga Siswa SMP Al-Azhar Juara

Dalam Kompetisi Sains Nasional 2020

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Tiga siswa SMP Al-Azhar Kota Palu, kembali membawa nama harum daerah Provinsi Sulawesi Tengah dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) . Daerah Sulawesi Tengah sendiri, mengirimkan 16 perwakilannya dalam kompetisi tersebut dan tiga medali berhasil diraih siswa dari SMP Al-Azhar Kota Palu.

Ketiga medali tersebut diraih, Wynne Emanuela Tanisia medali perunggu untuk mata pelajaran Matematika, Muh Yusuf Zaky medali Perunggu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Rizal Adi Nugraha medali perak dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kordinator Olympiade dan pembimbing mata pelajaran IPA, Yuniarti mengaku bukan bangga dengan peraihan 3 murid siswa SMP Al-Azhar tersebut, pasalnya waktu yang sebentar dalam membina siswa tersebut, untuk bisa mewakili daerah Sulteng hingga menjadi juara ditingkat nasional.

“Jadi setiap sekolah itu mengirimkan 3 siswannya, jadi satu siswa satu bidang. Mereka ini sudah kami bombing dua tahun lebih, sejak dia kelas 7. Jadi kalau orang berfikir bimbingannya Cuma beberapa minggu itu tidak mungkin, apa lagi skala nasional begini,” ungkap Yuniarti kepada Radar Sulteng, Jumat (6/11).

Dijelaskannya, kompetisi tersebut sebanrnya digelar pada bulan februari, hanya saja adanya pandemic maka di undur hingga bulan November. KSN tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya sebab adanya wabah Covid-19, sehingga lomba yang diikuti oleh 204 peserta ini ditiap bidang ini, dillaksanakan secara virtual selama 2 hari.
“Mungkin kendalanya yang dikhwatirkan itu jaringan, atau bagian teknisnya saja. Seperti waktu penyisihan ada yang jaringannya bermasalah jadi kasian kan pesertannya, yang tadinya mungkin bisa karena jaringan jadi tidak maksimal,” bebernya.

Dalam amatannya, siswa Daerah Sulteng, tidak kalah jauh dengan siswa yang ada di pulau jawa. Bahkan kata dia, beberapa siswa di Kota Palu, sudah bisa berbicara banyak dikanca perlombaan tingkat nasioanal, artinya dengan begitu bahwa kualitas pendidikan di Kota Palu tidak ketinggalan dengan kota besar lainnya.

“Kita selalu sharing ke teman-teman diluar, kenapa sekolah mereka bisa ke tingkat nasional memang rata-rata bimbingan itu yang diperbaiki, prosessnya, Sulteng PR nya kalau mislanya mengirimkan lebih banyak siswa mungkin potensinya untuk menang lebih (Juara Umum) lebih besar. Jadi kalau misalnya setiap sekolah punya target itu sangat luar biasa,” pungkasnya. (win)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.