alexametrics Wakil Gubernur Ingatkan Tetap Taati Prokes Covid-19 – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Wakil Gubernur Ingatkan Tetap Taati Prokes Covid-19

Dalam Kegiatan Pelatihan Peningkatan SDM Pengelola Organisasi Lansia

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PALU – Dalam sambutan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, saat membuka kegiatan secara resmi pelatihan peningkatan SDM pengelola organisasi Lanjut Usia dengan tema Mewujudkan Lansia Sehat Aktif dan Bermartabat, yang dimotori oleh Komisi Daerah (KOMDA) Lanjut Usia (LANSIA) provinsi Sulawesi Tengah, tidak henti-hentinya terus mengingatkan kepada peserta pelatihan untuk terus menaati protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, utamanya dengan tetap menggunakan masker.

Dalam kegiatan pelatihan peningkatan SDM pengelola ogranisasi Lansia, Komisi Daerah (KOMDA) Lansia selaku panitia penyelenggara menghadirkan tiga narasumber yang berkompoten dan setia dalam meningkatkan kepedulian terhadap para lansia. Diantaranya, wakil gubernur Sulawesi Tengah, Dr Jamaluddin Sakung, M.Kes selaku akademisi peduli Lansia serta dr. Ryzqa, M.Kes selaku ahli kesehatan Lansia.

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Dr. H. Rusli Baco Dg Palabbi, S.Sos. SH, MH, mengatakan dalam sambutannya, di tengah kehidupan yang new normal saat ini untuk tetap tidak mengabaikan protocol kesehatan covid-19. Bahkan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah tidak henti-hentinya terus mengingatkan kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tengah, khususnya masyarakat kota Palu serta para peserta yang hadir dalam kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh KOMDA Lansia Sulteng, untuk tetap dan selalu menggunakan masker dan sarana protocol kesehatan covid-19 pendukung.
“Mewakili sambutan ini, tentu saya berharap bersama di tengah kehidupan yang new normal kita jangan terlalu mengabaikan protocol kesehatan, utamanya tetap dengan menggunakan masker,” ungkapnya kepada Radar Sulteng saat memberi sambutan di salah satu ruang pertemuan hotel di kota Palu kemarin, Kamis (29/10).

“Di setiap momen acara baik acara resmi maupun tidak resmi, selalu saya memberi peringatan dan menghimbau masyarakat agar terus menggunakan masker, karena masker itu selain melindungi kita juga dapat melindungi keluarga dan orang lain,” kata Rusli kepada Radar Sulteng.

Selanjutnya, berkaitan dengan pelatihan peningkatan SDM, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 13 tahun 1948 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, dalam rangka memaksimalkan terwujudnya pasal 4 di dalam undang-undang bahwa upaya peningkatan kesejahteraan sosial bertujuan untuk memperpanjang usia produktif serta terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan bagi para Lansia.

Untuk memperpanjang usia produktif, kata dia, bagi bapak dan ibu yang mengikuti pelatihan ini dengan telah memasuki masa di usia lanjut, tentu harus memperbanyak dengan asupan makanan yang bergizi.

“Saya melihat suasana hari ini (kemarin-red), Alhamdulillah, para peserta yang hadir dalam pelatihan cukup semangat dan yang masih muda-muda untuk tetap mencontoh bagi mereka yang sudah lanjut usia, begitupun sebaliknya bagi para lansia untuk terus semangat dalam hidupnya,” tuturnya.

“Dalam suasana masih covid-19, jangan lupa sekali-kali di rumah memberikan makanan yang bergizi untuk menambah daya imun tubuh, karena dari hasil riset dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, bukan hanya Lanjut Usia yang terdampak covid-19 tetapi sekarang ini sudah juga terkena pada anak-anak generasi muda kita,” tambahnya.
Untuk itu, melalui pelatihan ini Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, sangat berharap, salah satu upaya untuk bisa memberikan peningkatan perlindungan dan pelayanan terhadap lanjut usia, diantaranya hak untuk kemandirian.

“Hak kemandirian merupakan salah satu esensi yang dibutuhkan saat ini, kedua, hak kepesertaan berpartisipasi, ketiga hak perawatan, merupakan sesuatu hal yang mendapatkan prioritas kualitas perlindungan diri bagi Lanjut Usia,” tambanya.

“Atas nama pemerintah daerah provinsi Sulawesi Tengah dan KOMDA Lansia Sulteng, saya mengucapkan selamat atas terselenggaranya pelatihan peningkatan SDM pengelola Organisasi Lansia tahun 2020. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan harapan yang terbaik bagi Lanjut Usia di provinsi Sulawesi Tengah,” tutupnya. (zal)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.