Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Wagub Sulteng Baru Diminta Secepatnya Dilantik

PALU-Sekretaris DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Sulteng, H Rusli Dg Palabbi SSos MH, terpilih sebagai Wakil Gubernur Sulteng, dengan status sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) almarhum H Sudarto yang meninggal dunia pada 1 Oktober 2016 yang lalu, dalam sebuah pemilihan yang berjalan demokratis, aman dan lancar, yang digelar di ruang paripurna DPRD Sulteng, Senin (8/7).
Rusli mengalahkan rivalnya dari Partai Bulan Bintang (PBB), Drs H Mansur Pasande MM, yang juga ketua DPW PBB Sulteng, dengan angka mutlak 35 melawan 8 suara. Pemilihan ini diikuti oleh 43 anggota DPRD Sulteng yang memiliki hak suara, minus Ketua DPRD Sulteng Prof H Aminuddin Ponulele MS yang saat ini masih dalam perawatan sakitnya di Makassar, dan Rusli Dg Palabbi yang mundur dari anggota DPRD karena sebagai calon Wakil Gubernur Sulteng.
Anggota DPRD Sulteng kemarin menggunakan siga saat pemilihan, dengan mendapatkan pengawalan dan keamanan dari aparat kepolisian dari Polda Sulteng dan Polres Kota Palu, yang terus berjaga-jaga di depan gedung DPRD Sulteng selama jalannya pemilihan.
Pemilihan ini merupakan pemilihan yang bersejarah, baru pertama kali ini DPRD Sulteng menggelar pemilihan untuk Wakil Gubernur di era reformasi di gedung DPRD. Karenanya, masyarakat Sulteng sangat menanti pemilihan yang sempat tertunda pada Kamis (24/7) lalu.
Ketua Panlih sekaligus penanggungjawab pemilihan Wakil Gubernur, Dr Alimuddin Paada MS, yang juga Wakil Ketua I DPRD Sulteng, kepada wartawan usai pemilihan menjelaskan, prosesi selanjutnya adalah pelantikan Wagub baru ini, kapan dilaksanakan. Menurutnya, pihaknya selaku panitia pemilihan (Panlih) dan pimpinan DPRD saat ini sudah berupaya semaksimal mungkin untuk selekasnya Wagub terpilih untuk segera dilantik, termasuk menandatangani berita acara pemilihan dan penetapan pemenang atau calon terpilih.
“Yah secepatnya kami ajukan kepada Gubernur untuk diteruskan ke Kemendagri untuk prosesi pelantikan Wagub baru Sulteng ini. Semua berkas pemilihan dan berita acaranya kami serahkan besok di kantor Gubernur,” kata Alimuddin Paada.
Dikatakannya, harapan pemerintah daerah dan juga seluruh masyarakat Sulteng adalah secepatnya realisasi pelantikan setelah digelarnya pemilihan Wagub Sulteng ini. Disebabkan, tugas-tugas untuk Pemprov Sulteng begitu padat, dan harus segera dilaksanakan. Dengan hadirnya Wagub yang baru Rusli Dg Palabbi, maka tugas-tugas Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola akan semakin ringan, dan dapat bertugas sesuai tupoksi yang diatur dalam perundang-undangan yang berlaku.
Sementara itu, Wagub terpilih, Rusli Dg Palabbi mengatakan, dia akan bekerjasama dengan Gubernur Sulteng menyelesaikan sisa masa tugasnya periode 2016-2021. “ Saya akan bekerjasama dengan pak Gubernur Sulteng, sesuai peraturan yang ada, dan menjadi tupoksi Wakil Gubernur, serta menjalankan sepenuhnya visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng periode 2016-2021,” papar Rusli.
Dirinya juga berharap, pelantikannya secepatnya dilakukan, agar lekas pula dirinya membantu Gubernur untuk bekerja. “Saya berharap pelantikan kami secepatnya dilaksanakan agar kami bisa bekerja dengan pak Gubernur,” tandasnya.
Dia menyebutkan, beberapa hal penting dari tugas-tugas Wagub itu antara lain menangani tugas penanganan bencana, pengawasan dan evaluasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar pembangunan Sulteng ini terus berlari, dan maju sejajar dengan daerah lain di Indonesia.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.