Verna-Yasin Akan Eksekusi Janji Kampanye Pasca Perubahan Anggaran

- Periklanan -

POSO-Bupati Poso, Verna GM Inkiriwang, meminta masyarakatnya bersabar menunggu realisasi janji-janji politik yang disampaikannya bersama Wakil Bupati (Wabup) Moh. Yasin Mangun saat berlangsungnya kampanye Pilkada Poso 2020.

Dia memastikan semua janji tersebut akan dilaksanakan dan diwujudkan. Hanya saja pelaksanaannya masih menunggu penyelesaian pembuatan regulasi yang sedang berjalan. Hal tersebut disampaikan Bupati Verna saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Desa Doda Kecamatan Lore Tengah, belum lama ini.

“Semua program Verna-Yasin pasti akan dilaksanakan. Tahapan sekarang sementara dalam tahap penyusunan payung hukum, sehingga aman dalam pelaksanaannya nanti,” bilangnya dihadapan ratusan warga. Payung hukum yang dimaksud adalah Peraturan Daerah (Perda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 yang sekarang sedang dalam pembahasan di DPRD. Tahapan pembahasan sudah masuk ditingkat komisi.

Diketahui, ada tujuh program yang kala kampanye Pilkada lalu dijanjikan Verna-Yasin ke masyarakat akan dikerjakan jika terpilih menjadi Bupati dan Wabup Poso 2021-2024. Janji-janji politik tersebut pun kini ditagih masyarakat. Ketujuh janji politik Verna-Yasin yang sekarang sudah ditetapkan sebagai Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso periode 2021-2024 yaitu Poso Pintar, Poso Sehat, Bunga Desa, Poso Harmoni, Poso Pakaroso, Poso Sejahtera, dan Poso Bersinar.

Dari tujuh pilar program kerja Verna-Yasin tersebut ada tiga yang paling dinanti masyarakat untuk segera direalisasikan. Yaitu Poso pintar dengan program pendidikan gratis, Poso sehat dengan kesehatan gratis, dan bunga desa melalui kunjungan tatap muka sebulan sekali di satu desa plus pemberian santunan duka.

“Untuk program bunga desa dimana Verna Yasin akan turun ke desa sebulan sekali untuk bertatap muka dengan warga masyarakat belum juga bisa dilakukan karena kita masih dalam masa pandemi Covid 19. Jika pandemi sudah berakhir pasti kami segera wujudkan,” jelas Bupati perempuan pertama di Poso dan Sulteng ini.

Ditempat terpisah, Wabup Yasin Mangun juga menyampaikan hal yang sama bahwa semua program unggulan atau prioritas yang dijanjikannya bersama Bupati Verna saat kampanye Pemilukada akan direalisasikan. Realisasi program akan mulai didilaksanakan usai penetapan anggaran perubahan APBD tahun 2021 mendatang.

“Pendidikan gratis, kesehatan gratis, uang duka, insentif untuk imam, pendeta, mangku, dan bunga desa bukan janji-janji bohong. Tapi itu akan kami wujudkan secara nyata. Eksekusinya akan mulai setelah penetapan perubahan APBD,” jelasnya dihadapan seratusan undangan pada semua kegiatan resmi di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Poso, Selasa (22/6).
Diketahui, pendidikan gratis, kesehatan gratis, uang santunan duka, insentif imam, pendeta, mangku, dan bunga desa merupakan bagian dari pilar program prioritas yang dijanjikan Verna-Yasin pada masyarakat saat Pilkada Poso 2020. Pelaksanaan bukti janji kampanye, selain menunggu perubahan anggaran, juga menunggu penetapan Perda RPJMD dan Perbup RKPD sebagai payung hukumnya.

- Periklanan -

“Payung hukumnya untuk pelaksanaan program harus ada dulu. Agar semua dapat berjalan tanpa masalah dikemudian hari,” sebut Wabup.

Menurut Yasin, pelaksanaan realisasi janji kampanye perlu disampaikan ke publik guna meluruskan informasi sumbang yang berhembus di masyarakat kalau mereka ingkar pada janji-janji politiknya kala kampanye. “Yang kami janjikan sudah pasti akan kami realisasikan,” tutup dia.

Kabag Humas Pemkab Poso, I Wayan Susanto, meminta masyarakat dan pihak lain untuk bersabar menunggu realisasi janji Bupati dan Wabup.

“Regulasinya masih berproses, masih dibahas. Mari kita bersabar dan bisa menyikapinya dengan pikiran positif,” ucap dia.

“RPJMD 2021-2026 sebagai payung hukum sementara proses. Jadi program kerja dan kegiatan sesuai visi misi Bupati baru akan dilaksnakan setelah RPJMD dan RKPD selesai. Karena penggunaan anggaran pemerintah harus ada dasar hukum, setiap program yang dilaksanakan dan anggaran yang digunakan harus tertuang dalam dokumen perencanaan,” tambah Wayan, Sabtu (26/6).

Kapan Perda RPJMD Poso 2021-2026 kelar dibahas di DPRD? Kepala Bapelitbangda Poso, Heningsih Tampai, M.Si, menyebut bahwa Perda RPJMD akan rampung dibahas dan ditetapkan pada Juli mendatang. Sehingga pelaksanaan atau realisasi tujuh pilar program pemerintahan Verna-Yasin bisa langsung dilaksanakan secepatnya.

“Target kita Juli Perda RPJMD 2021-2026 sudah ditetapkan. Saya yakin itu,” bilangnya. “Masyarakat Poso tidak usah ragu pada janji-janji ibu Bupati dan bapak Wakil Bupati saat masih kampanye dulu. Semua pasti akan dieksekusi, dilaksanakan,” tandasnya.

Anggaran untuk melaksanakan program dimaksud, dipastikan Heningsih, pun sudah tersedia. “Karena tujuh pilar program Bupati dan Wakil Bupati itu merupakan program prioritas, maka sudah pasti ada anggarannya dan dilaksanakan,” pungkasnya, Sabtu kemarin.(bud)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.