Usulkan Operasi Madago Raya Dievaluasi

- Periklanan -

PALU-Ketua Komisi III DPRD Sulteng, Ir. Sonny Tandra, yang diminta pandangannya oleh Radar Sulteng, mengatakan, operasi keamanan untuk memberantas terduga DPO Poso perlu dilakukan evaluasi terhadap operasi yang selama ini sudah dilakukan mulai dari Operasi Tinombala hingga berganti saat ini menjadi Operasi Madago Raya.

” Menurut saya, perlu dilakukan evaluasi terhadap Operasi yang selama ini diterapkan. Harus dilakukan pola baru, atau mencari pola baru yang lebih efektif dalam melakukan action pengamanan. Bukan hanya tempur saja, tetapi mungkin diperluas dengan tugas pendekatan kemasyarakatan atau ke tugas yang bersifat toritorial. Infiltrasi dan juga memeriksa kepada seluruh warga. Jangan sampai DPO yang dicari itu sudah menyamar dan bukan di hutan lagi, ” papar Sonny.

Dikatakannya, sejauh ini operasi yang dikembangkan masih belum memenuhi ekspektasi masyarakat. Teror masih terus terjadi, dan ini harus segera dihentikan, hingga wilayah ini bisa menjadi aman. Karena dampaknya sangat besar terhadap kehidupan masyarakat itu sendiri.

- Periklanan -

Kepada Radar Sulteng, Sonny menampik bahkan belum berpikiran untuk mengevaluasi kinerja Kapolda Sulteng sebagai penanggungjawab Operasi Madago Raya. Dijelaskan Sonny, siapapun yang menjadi Kapolda kalau pola penanganan pengejaran terduga DPO Poso masih ditentukan pemerintah pusat sama saja. Kan keberadaan anggota Polri dan TNI di Poso (personel Operasi Madago Raya) itu atas perintah pemerintah pusat.

“Kalau saya berpikir, mendesak Kapolda Sulteng dicopot misalnya, itu bukan agenda utama kami. Kapolda itu kan hanya ditugaskan di sini (Sulteng). Sebab, semua tugas yang dijalankannya itu atas perintah pemerintah pusat, dalam hal ini Kapolri, ” jelas Sonny, berargumen.

Karena itu, kata Sonny, pihaknya akan bertemu dengan pimpinan DPRD Sulteng guna membahas kondisi terkini di Poso, dengan fokus membahas tewasnya empat warga Desa Kalimago Lore Kabupaten Poso. Selanjutnya, berencana DPRD Sulteng akan bertemu Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin, juga dalam waktu dekat.

“Kami berencana akan bertemu dengan unsur pimpinan DPRD Sulteng, pada hari Senin ini, guna membahas permsalahan ini. Dan selanjutnya, kami berencana akan bertemu dengan Presiden dan Wakil Presiden dalam waktu dekat ini, ” kata Sonny.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.