Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

UPT PSMB Disperindag Sulteng Gelar Sosialisasi Pengujian dan Kalibrasi

PALU-Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Richard Arnaldo SE MSA membuka kegiatan sosialisasi pengujian dan kalibrasi yang diselenggarakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (PSMB) Disperindag Provinsi Sulteng, di Hotel Santika, Selasa pagi (8/10).

Di awal sambutannya, Richard menyampaikan apresiasi dan menyambut baik sosialisasi pengujian dan kalibrasi UPT PSMB tahun 2019 yang diikuti praktisi kalangan industri, laboratorium instansi pemerintah serta Disperindag Kabupaten dan Kota seSulteng.

Secara umum, globalisasi perdagangan dunia yang terjadi saat ini kata Richard memiliki dua dampak terhadap dinamika perdagangan dalam negeri maupun domestik yakni positif dan negatif. Tumbuhnya persaingan usaha yang makin ketat kata dia, menuntut pelaku usaha untuk terus meningkatkan daya saing baik dari segi kualitas produk maupun daya saing harga melalui efisiensi produksi.

“Positifnya, hal tersebut mengakibatkan banyaknya pilihan barang kebutuhan yang tersedia bagi konsumen dengan kualitas dan harga bersaing. Namun di sisi lain, dengan maraknya variasi atas barang dan jasa yang beredar, diduga banyak pula barang dan jasa yang tidak sesuai ketentuan sehingga merugikan konsumen,” kata Richard saat menyampaikan sambutan.

Untuk menjawab tantangan itu kata Richard, Disperindag Provinsi Sulteng memiliki UPT PSMB yang digawangi Moh Sirhan SE MM, selaku Kepala UPT. UPT PSMB ini sambungnya, berkontribusi memberikan layanan bagi masyarakat dalam hal pengujian mutu barang terhadap barang yang beredar di masyarakat dan kalibrasi terhadap alat-alat ukur bidang industri, kesehatan dan akademik.

“Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan sebagai sarana untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat industri mengenai peran penilaian kesesuaian dalam pengawasan mutu barang guna meningkatkan keamanan barang yang beredar di Provinsi Sulawesi Tengah,” tandasnya.

Ketua panitia, Ruslan SSos MAP menyampaikan sosialisasi kali ini menghadirkan tiga narasumber yakni dari Badan Standarisasi Nasional (BSN), Milla Septiana Wiyantin, yang membahas peranan akreditasi lembaga penilaian kesesuaian dalam pengawasan mutu barang. Selain itu hadir juga dari Direktorat Standarisasi dan Pengendalian Mutu, Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Binsar Johanes M Panjaitan yang membahas peranan laboratorium pengujian balai kalibrasi dalam pengawasan mutu pada post border. Serta Kepala UPT PSMB Disperindag Provinsi Sulteng, Moh Sirhan Djanggola SE MM yang memaparkan tentang pelayanan pengujian dan kalibrasi UPT Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang. (saf)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.