Upacara Hardiknas, Belasan Siswa Jatuh Pingsan

- Periklanan -

PALU – Teriknya matahari menyebabkan sejumlah siswa sekolah pingsan saat mengikuti upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman kantor Wali Kota Palu, Rabu (2/5) kemarin. Sedikitnya belasan siswa satu persatu pingsan, terutama saat inspektur upacara mulai memberikan amanat dalam upacara tersebut.

Upacara Peringatan Hardiknas berlangsung cukup meriah dengan penampilan marching band, tarian massal serta deklarasi perwakilan SMP se Kota Palu, yang menyatakan perang melawan Narkoba. Padatnya rangkaian kegiatan tersebut, diduga membuat sejumlah siswa tidak kuat menahan teriknya matahari saat berbaris, hingga akhirnya pingsan.

Beruntung petugas medis dengan cekatan, langsung membawa peserta upacara, yang merupakan siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama itu, ke pos kesehatan. Upacara sendiri diketahui baru dimulai sekitar pukul 08.45 wita.  Sejumlah guru juga nampak protes dengan upacara yang dimulai nanti setelah matahari meninggi.

“Harusnya kan orang upacara itu maksimal jam 8 lah dimulai, apalagi ini yang jadi peserta upacara anak-anak,” protes salah seorang guru di lapangan tersebut.

- Periklanan -

Sementara itu, khusus deklarasi perang melawan Narkoba, diwakili oleh beberapa siswa-siswi SMPN 4 Palu. Dalam deklarasi tersebut ada sejumlah poin yang dibacakan dan diikrarkan seperti menyatakan perang melawan narkoba; melaporkan penyebaran dan penyalahgunaan narkoba yang ada dilingkungan sekolah kepada pihak yang berwajib; serta siap menjadi duta anti narkoba bagi sekolah, keluarga dan masyarakat menuju Kota Palu bersih dari Narkoba.

Senada dengan hal itu Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palu, Ansyar Sutiadi yang ditemui wartawan Radar Sulteng menyampaikan, dalam  Hari pendidikan Nasional pada kesempatan kali ini untuk menimbulkan kembali kesadaran para pelajar dan tenaga pendidik untuk bekerja cerdas, keras, ikhlas serta meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Kota Palu.

“Kita bangkitkan kembali kesadaran khususnya insan pendidikan di Kota Palu untuk bekerja cerdas, bekerja keras dan bekerja ikhlas demi meningkatkan mutu pendidikan, jadi dengan momentum Hardiknas ini agar memanfaaatkan untuk kebersamaan kita,” ujarnya Rabu kemarin (2/5) usai upacara peringatan Hardiknas di Lapangan Kantor Walikota.

Kadisdik Kota Palu juga menambahkan, pencapaian untuk memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Kota Palu sebagaimana contoh sarana prasarana disetiap sekolah yang baik, kompetensi guru dan tenaga kependidikan meningkat, prestasi peserta didik juga akan meningkat. “Kita hari ini (Rabu,red) tampilkan semua peserta didik kita di acara peringatan Hardiknas yang mana mendapat apresiasi baik dari Ketua DPRD Kota palu dan pejabat lainnya yang ada di Kota Palu,” kata Ansyar yang menggunakan pakaian adat Bali dalam peringatan Hardiknas tersebut. (slm)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.