Untad Gelar SMMPTN, Lebih dari 30 Persen Bakal Diterima

- Periklanan -

Suasana ujian di Untad jalur SMMPTN kemarin (18/7) pagi. (Foto: Sunardi)

PALU – Setelah penerimaan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, Universitas Tadulako (Untad) juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SMMPTN).

Di awali dengan penyerahan soal tertulis secara simbolis oleh panitia lokal kepada penanggung jawab. Pelaksanaan ujian tertulis SMMPTN Untad Selasa (18/7) diikuti 6.982 calon mahasiswa.

Menurut Warek Bidang Akademik Untad, Prof Dr Sutarman Yodo SH MH, untuk jalur SMMPTN semua program studi (Prodi) dibuka. Kecuali pendidikan dokter pada Fakultas Kedokteran. Secara normatif, jumlah mahasiswa yang diterima melalui jalur mandiri sebanyak 30 persen.

- Periklanan -

“Namun melihat jumlah kouta Untad sebanyak 6.500, jumlah yang akan diterima di jalur mandiri akan melebihi 30 persen. Kerena jumlah mahasiswa yang diterima pada jalur SNMPTN dan SBMPTN hanya 3.000 lebih,” ujar Sutarman.

Pada ujian kali ini, berbeda dengan ujian sebelumnya. Pertama soal tempat ujian, yang hanya dilaksankan di Kampus Untad saja. Sebelumnya ada tempat ujian hingga di luar Untad. Kedua, waktu ujian hanya berlangsung setengah hari saja, yaitu mulai pukul 08.00 sampai 12.45 Wita.

Hal ini dikarenakan pada ujian kali ini jumlah ruangan yang cukup banyak untuk menampung peserta ujian, sehingga bisa dilaksanakan serentak. Tidak mesti lagi dua gelombang. Ditambah lagi untuk jalur mandiri tidak ada calon mahasiswa yang mengambil IPC.

Melihat banyaknya jumlah peminat untuk Fakultas Teknik, pihak fakultas mendapat persetujuan dari universitas untuk menambah kuota. Lagipula jumlah ruangan dan jumlah tenaga pengajar mencukupi. Sehingga Fakultas Teknik akan menambah kouta mahasiwa baru yang diterima.

Pada jalur SMMPTN kali ini, melihat kuota bidikmisi, maka pada jalur mandiri tidak ada lagi kesempatan untuk mahasiswa baru mendapatkan beasiswa bidikmisi. Pihak Universitas sedapat mungkin akan menampung mahasiswa yang hendak masuk, dengan pertimbagan jumlah ruangan dan tenaga pengajar yang ada. (egi/cr4)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.