Untad Gelar Seminar Pengembangan Keprofesian Tenaga Teknik

- Periklanan -

PALU-Bertempat di salah satu Rukan Jl, Prof Moh Yamin, Gabungan Ahli Teknik Indonesia (Gatensi) Sulawesi Tengah (Sulteng), bekerjasama dengan jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tadulako (Untad) Palu, mengadakan seminar Capacity Building dengan tema Pengembangan Keprofesian Tenaga Teknik, Sabtu (28/11).

Acara pembukaan yang dimulakan pukul 09.00 Wita tersebut, dihadiri Ir. H. Iskam Lasarika selaku Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (Gapensi) Sulteng, Dr. Yuli Asmi Rahman, ST., M.Eng, selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tadulako (Untad), Mustafa, ST., MT, selaku ketua Departemen Riset dan Pengembangan Profesi Gatensi Sulteng yang membuka acara secara resmi mewakili ketua Gatensi Sulteng, sekaligus pemateri dalam acara tersebut.

Iksan Syarifudin, ST, yang membawakan materi tentang Teknik Preunuership, serta Mohamad Rivani, S.IP., M.M yang didapuk membawakan materi tentang peluang ketenagakerjaan Teknik di Sulawesi Tengah dalam kapasitas pemerhati masalah sosial dan Ekonomi Sulawesi Tengah sekaligus kolumnis kolom Opini Radar Sulteng.

Peserta pada acara capacity Building tersebut adalah para mahasiswa yang berada di semester akhir perkuliahan dan alumni.

“Kegiatan ini sangat penting untuk mengenalkan lembaga sertifikasi kepada mahasiswa, baik sertifikasi keterampilan maupun keahlian serta memberikan bekal kepada mahasiswa yang akan tamat maupun alumni yang baru lulus agar dapat bersaing dan diterima di dunia kerja, ” ujar Mustafa.

Selain itu pemateri dari Gatensi juga menekankan bahwa “sertifikasi” sangat diperlukan di dunia kerja. Karena, bagaimana pihak perusahaan bisa percaya dengan kemampuan seseorang jika tidak ada bukti fisik yang diperlihatkan.

- Periklanan -

“Tentunya bukti itu adalah sertifikasi yang dikeluakan oleh lembaga sertifikat yang telah diakui oleh pemerintah, dan salah satunya adalah Gatensi, “ ungkap Mustafa.

Pemateri tentang teknik preneur menekankan pada peluang berusaha menjadi seorang pengusaha yang tangguh dengan memanfaatkan teknologi dalam hal pemasaran dan branding.

Mohamad Rivani yang memaparkan tentang peluang ketenagakerjaan di Sulawesi Tengah, memberikan gambaran yang komprehensip tentang dimana saja peluang itu dan bagaimana memanfaatkannya.

“Sulawesi Tengah masih tumbuh plus di tengah Covid-19 dan tidak mengalami resesi, tenaga teknik masih bisa mendapatkan pekerjaan utamanya di Kabupaten Morowali yang menjadi sentra usaha pertambangan dan industri mineral Sulteng, ” ucap Rivani.
Selain itu mahasiswa dapat memilih untuk menjadi pengusaha atau bekerja profesioanl tergantung minat dan bakat yang dimiliki. Data BPS hendaknya dijadikan kompas untuk melihat peluang di sektor mana yang paling baik dan kompetitif, kata Rivani.

Capacity Buliding berjalan dengan lancar dan dinamis. Para peserta sangat antusias mengikuti diskusi dan bertanya kepada tiga pemateri yang tampil pada acara tersebut.

Di akhir diskusi, ketua Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Untad, Yuli Asmi Rahman berpesan bahwa kesuksesan membutuhkan perjuangan dan pengorbanan, untuk itu, jangan saling menjatuhkan dan selalu bersikap rendah hati. Ketua jurusan juga tak lupa pula mengucapkan terima kasih kepada pihak Gatensi Sulteng utamanya Sekretaris Umum Yeni, yang sangat membantu terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat ini.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.