Untad akan Buka Prodi Bahasa Jepang

- Periklanan -

PALU- Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tadulako berencana membuka Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Hal ini diungkapkan langsung Dekan FKIP Untad, Dr H Lukman Nadjamuddin MHum, pada penutupan kuliah umum General Lecture Series bertema Asian Development Community, Rabu (1/3).

Menurut Lukman, seiring berkembangnya dunia pendidikan program studi bahasa asing, maka sangat penting untuk dibuka Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Apalagi persaingan menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini, di mana masyarakat dituntut untuk siap menerima masuknya warga negara luar.

“Untuk itu, penguasaan bahasa asing sudah menjadi kebutuhan di masyarakat. Tidak hanya Bahasa Inggris saja. Untuk itulah, ke depan kami harapkan Bahasa Jepang sudah ada prodinya di Untad,” ujar Lukman.

- Periklanan -

Rencana membuka Prodi Pendidikan Bahasa Jepang menurut Lukman, juga dikarenakan respons mahasiswa dalam mengikuti kuliah umum yang difasilitasi One Asia Foundation sejak September 2016 hingga Maret 2017 tersebut. “Banyak isu di kawasan Asia yang masih samar-samar. Dan akhirnya disikapi melalui kuliah umum ini,” sebut Lukman.

Selain membuka Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Lukman juga berencana memasukkan mata kuliah pendidikan masyarakat Asia di akademik 2017-2018. “Tentunya dengan rencana ini, kami berharap One Asia Foundation bisa kembali bekerja sama dengan Untad,” harap sang dekan.

Menanggapi rencana pembukaan Prodi Pendidikan Bahasa Jepang di FKIP, Rektor Universitas Tadulako Prof Dr Ir Muhammad Basir SE MS merespons positif.

Menurut Prof Basir, dengan adanya Prodi Pendidikan Bahasa Jepang akan memberikan manfaat jangka panjang untuk mahasiswa ke depannya untuk melanjutkan studi di luar Indonesia. “Kerja sama dengan perguruan tinggi di Jepang sangat memberikan keuntungan dalam pengembangan akademik dan memberikan peluang besar bagi mahasiswa Indonesia yang ingin ke Jepang,” kata rektor memberi support. (jcc)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.