Turis Austria yang Hilang di Tanjung Karang Dicari Hingga ke Perairan Sulbar

- Periklanan -

Inilah tim evakuasi yang melakukan pencarian di dasar laut. (Foto: Ujang Suganda)

DONGGALA – Proses pencarian terhadap salah seorang turis asal Austria bernama Alexander Vejnar  belum membuahkan hasil. Tim pencarian terhadap korban melibatkan cukup banyak pihak seperti, pihak pengelola kawasan pantai Prince John, Basarnas Palu, Dit Pol Air Polda Sulteng, Polres Donggala bersama BPBD Donggala TNI Angkatan Laut (AL) bersama TNI AD juga turut serta dalam proses pencarian.

Selain melakukan pencarian di dasar laut, tim pecarian juga terus melakukan pencarian di permukaan laut hingga di wilayah pantai barat, tepatnya di Kecamatan Sindue. Bahkan proses pencarian berlangsung hingga ke wilayah perairan Pasang Kayu, Mamuju Utara, Sulbar.

- Periklanan -

Menurut Kepala kantor SAR Palu atau Basarnas, Jafar Henaulu, Proses pencarian di hari kedua masih nihil. Kata Jafar, selain penyelam dari Prince John, pihak Basarnas juga menurunkan dua penyelamnya untuk melakukan penyisiran di dasar laut. Selain di dasar laut, kata Jafar, tim gabungan juga kembali melakukan penyisiran di permukaan laut ke arah utara yaitu wilayah pantai barat kemudian pencarian ke arah barat menuju pantai Boneoge hingga ke wilayah Sulbar. “Satu rescue bots dan perahu karet Basarnas bersama kapal dan speed boat dari Dit Pol air, BPBD, Prince John dan lainnya terus melakukan penyisiran di permukaan hingga sore hari, namun hasilnya masih nihil,” terang Jafar.

Lanjut Jafar, besok (Hari ini,red) tim Sar Gabungan akan mengubah pola pencarian terhadap korban. Salah satu pola pencarian kali ini mengikuti arus laut yang terjadi pagi hari hingga siang hari. Menurut Jafar, arus laut di permukaan pada siang hari mengarah ke luar Teluk Palu, sebaliknya arus di bawah laut mengarah masuk ke dalam. “Intinya kita bersama tim gabungan ini akan terus berupaya melakukan pencarian terhadap korban dengan pola yang berbeda dari hari sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu salah seorang staf Prince John, Nur Ikhwan, menurutkan, pihaknya sudah melakukan pemberitahuan tertulis kepada pihak kedutaan Austria terkait warganya yang masih hilang di Indonesia. “Kita sudah lakukan pemberitahuan seterusnya akan diberitahukan kepada pihak keluarga,” serunya. (ujs)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.