Turis Austria yang Hilang di Tanjung Karang Belum Ditemukan

- Periklanan -

Inilah tim evakuasi yang melakukan pencarian di dasar laut. (Foto: Ujang Suganda)

DONGGALA – Kabar mengejutkan kembali terdengar di wilayah pantai tanjung karang. Kali ini salah seorang turis manca Negara yang berkunjung ke lokasi Prince John dikabarkan hilang saat melakukan penyelaman tepat di pantai Tanjung Karang.

Hilangnya turis bernama Alexander Vejnar (45) tersebut ternyata sudah terjadi sejak Minggu (11/6). Turis yang akrab di sapa Alex itu terakhir kali dilihat oleh salah seorang turis lainnya bernama Heiner sekitar pukul 09.45 Minggu pagi.

Menurut dive Guide di prince John, Mohammad Amin, tak satupun pihak Prince John yang mengetahui jika Alex turun untuk menyelam. Pasalnya, Alex juga tak memberitahu kepada pihak pengelola hingga dive guide jika dirinya akan menyelam pagi itu. “Kita di sini ada aturan jika ingin menyelam atau diving tanpa di dampingi maka harus mengisi papan informasi mulai dari spot penyelaman, waktunya hingga sudah kembali dari menyelam,” terangnya.

Sebelumnya kata Amin, Alex menulis di papan informasi bahwa dirinya tidak akan turun pada Minggu (11/6) kemarin sehingga pihaknya tak pernah terpikirkan jika Alex akan turun menyelam. “Di papan informasi itu tertulis dengan bahasa Inggris Off. Artinya dia tidak akan turun pada hari itu,” ungkap Amin.

Pihak Prince John mulai mencari Alex ketika, ada salah seorang turis lain ingin mengambil baju yang ada di salah satu ruangan sekitar pukul 14.00. Sementara itu kata Amin, kuncinya ada sama Alex. “Nah dari situlah kita mulai mencari Alex dan rupanya Heiner melihat kalau Alex turun menyelam,” ujarnya.

- Periklanan -

Tetapi dengan waktu yang sudah berjam-jam Alex belum juga kembali, maka pihak Prince John kata Amin berinisiatif melakukan penyisiran di sepanjang laut tanjung karang. Satu speed boat dan satu Kapal, dikerahkan untuk mencari Alex pada pukul 15.00. “Awalnya kita cari di permukaan tapi tidak ditemukan. Kemudian ada juga teman yang menyelam tapi lama karena kondisi air laut tidak memungkinkan,” terang Amin.

Sebelumnya kata Amin, tepatnya pada Sabtu malam, Alex memang terlihat sangat gelisah. Kata Amin, terdengar juga kabar bahwa Alex sebelumnya sempat berkomunikasi dengan pacarnya. “Intinya ada komunikasi antara keduanya. Kita lihat pada malam itu dia sangat gelisah sampai waktu sahur dia belum tidur,” beber Amin.

Hingga Senin (12/6) kemarin, proses pencarian terhadap Turis asal Negara Austria itu masih terus berlangsung. pihak Prince John kembali mengerahkan dua kapalnya yang dibantu dua perahu karet dari Basarnas Palu dan satu speed boat dari Dit Pol Air Polda Sulteng.

Lima kendaraan laut tersebut berpencar untuk melakukan pencarian. Bahkan kapal milik Prince John mencari hingga wilayah pantai barat. Selain itu, sejumlah penyelam prince John melakukan penyisiran di dasar laut pada pukul 08.00 hingga pukul 10.15. Kemudian berlanjut lagi pada pukul 11.00 hingga 12.30.

Hingga pukul 16.00, proses pencarian masih dilakukan. Terakhir kali terlihat perahu karet Basarnas kembali melakukan penyisiran di sekitar pantai tanjung karang.

Kepala Basarnas Palu, Muhammad  Rifaldi Lamakampali, menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pencarian bersama kepolisian yang dibantu pihak Prince John sendiri. Pada hari pertama pencarian kata Rifaldi, pihak Basarnas hanya melakukan penyisiran di permukaan laut. “Basarnas akan terus mengupayakan pencarian korban sampai dengan batas waktu yang ditentukan. Besok (hari ini,red) kita akan turunkan kapal lagi untuk proses pencarian,” ungkapnya. (ujs)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.