“Tradisi” Hari Pertama Sekolah Usai Liburan Semester

- Periklanan -

WAH, tidak terasa ya liburan yang selama ini kita nikmati, berakhir sudah. Setelah selama kurang lebih 2 minggu terbiasa bangun siang dan bermalas-malasan di kasur, kini kita harus kembali bangun pagi agar tidak terlambat ke sekolah. Pasti sebagian dari kalian merasa rindu setelah tak berjumpa selama itu, tapi ada juga yang merasa enggan untuk kembali karena belum bisa move on dari masa liburan.

Nah, biasanya di hari pertama sekolah menyambut semester baru ini, ada saja “kebiasaan” kita di sekolah. Apa saja ya? Berikut hasil liputan crew Zetizen, Diah Ratna dan suguhan foto dari Cahya Adhania, buat kalian. Cekidot!

Datang Terlambat
Tanpa sadar, ternyata kebiasaan bangun siang yang dilakukan selama liburan, membuat kita jadi sulit kembali membiasakan diri untuk bangun pagi, lho. Akibatnya, banyak siswa yang harus berakhir di luar pagar di hari pertama masuk sekolah mereka. Padahal niat ingin temu kangen dengan teman dan memamerkan kegiatan selama liburan, malah berakhir menunggu di luar pagar nih. So guys, mengawali semester baru, jangan lupa pasang alarm-nya.

Bersih-Bersih Kelas
Setelah masa liburan yang lumayan panjang, tentunya tidak ada lagi yang datang ke sekolah guna membersihkan lingkungan sekolah nih guys. Sehingga tidak heran jika kita mendapati meja dan kursi yang berdebu, daun-daun kering berserakan di halaman sekolah, lantai yang kotor, apalagi jika menemukan banyak nyamuk yang bersarang di laci meja. Wah, bahaya jika tidak segera dibersihkan. Maka, kegiatan membersihkan kelas ini adalah kegiatan yang tidak pernah dilewatkan ketika kembali masuk sekolah. Tapi jangan salah sangka ya guys, hal ini dilakukan juga untuk menjaga kenyamanan kita saat belajar lho.

- Periklanan -

Kantin Penuh
Kantin ramai saat jam istirahat adalah hal yang biasa. Namun di hari pertama masuk sekolah, biasanya kantin bukan hanya ramai didatangi di jam istirahat saja. Hal ini dikarenakan belum aktifnya kegiatan pembelajaran di hari pertama sekolah, sehingga siswa memilih kantin sebagai tempat tongkrongan mereka. Mulai dari tempat untuk mengisi perut yang kosong, tempat melepas dahaga, hingga sebagai tempat untuk bergosip.

Bergosip tentang Kegiatan liburan
Pantai, gunung, puncak, dan tempat-tempat rekreasi lainnya, adalah hot topic di hari pertama sekolah. Pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan tentang liburan, tentunya tidak henti dipertanyaakan oleh teman-teman kita. Hanya sekedar ingin tahu, ingin membandingkan liburan mereka, atau mungkin ingin mengetahui pengalaman-pengalaman baru. Pastinya kita juga tidak mau ketinggalan untuk memamerkan kegiatan apa saja yang kita lakukan selama liburan. Jadi tidak heran jika kita selalu saja menjumpai beberapa gerombol siswa yang beterbaran di lingkungan sekolah, saat hari pertama masuk sekolah.

Pulang Cepat
Kebiasaan lain yang sangat sering terjadi, bahkan selalu terjadi di hari pertama masuk sekolah adalah pulang cepat. Ya, rata-rata pihak sekolah mengizinkan siswanya untuk pulang lebih awal dari jam biasa mereka pulang. Hal ini bisa jadi dikarenakan oleh faktor kegiatan pembelajaran yang belum berjalan dengan lancar, belum siapnya lingkungan untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran, dan faktor yang paling berpengaruh adalah belum siapnya jadwal pelajaran baru di semester baru.

Jadi bagaimana dengan hari pertama kalian di awal semester ini? Apakah kebiasaan-kebiasaan tadi juga berlaku di sekolah kalian? Apapun itu, kita harus selalu mempersiapkan diri mengawali semester yang baru ya guys.Tetap semangat!(*)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.