Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Touna dan Balut KPU Terbaik Penyelenggaraan Pemilu 2019

LUWUK-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar pengumuman pemberian penghargaan KPU Kabupaten dan Kota Terbaik di Sulteng hasil penyelenggaraan Pemilu 2019. Pengumuman ini digelar di Kota Luwuk Kabupaten Banggai, Jumat (27/9).

Ketua tim penilai dari KPU Sulteng, Sahran Raden, mengemukakan hasil pengumuman sebagai berikut. Untuk kategori Kreasi Sosialisasi, terbaik I adalah KPU Kabupaten Tojo Unauna (Touna), terbaik II KPU Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), dan terbaik III KPU Kabupaten Banggai Laut (Balut).

Kemudian untuk kategori DPT Berkualitas. Terbaik I adalah KPU Kabupaten Banggai Laut (Balut), terbaik II KPU Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), dan terbaik III KPU Kabupaten Tojo Unauna (Touna).

Dijelaskan Sahran Raden, dalam penilaian kategori Kreasi Sosialisasi, yang dinilai adalah intensitas sosialiasasi, kreasi dan unggulan, presentase surat suara tidak sah yang dihitung dari DPT, serta presentase partisipasi Pemilih saat voting day.

Sedangkan untuk kategori DPT Berkualitas yang dinilai adalah indikator penetapan DPT tepat waktu, rendahnya jumlah pemilih DPK, Sidalih yang baik, dan kerjasama dengan Dukcapil, dll.

Dikatakannya, penghargaan ini merupakan penilaian yang dilakukan oleh tim yang terdiri dari tiga orang Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah, dua orang akademisi dan dua orang profesional atau pekerja Pers. “ Hal ini sebagai bentuk evaluasi dan motivasi kinerja penyelenggara pemilu, dalam menyelenggarakan pemilu yang baik dan berkualitas, “ papar Sahran Raden.

Pemberian penghargaan diberikan di Swiss-bell Hotel Kota Luwuk bersamaan dengan kegiatan Evaluasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Badan Adhoc yakni PPK dan PPS, untuk Pemilu 2019.(mch)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.