Tolak Pjs Kades, Warga Kelei Poso Segel Kantor Desa

- Periklanan -

POSO-Sudah dua bulan lebih, sejak awal April 2021 warga Desa Kelei, Kecamatan Pamona Timur, Kabupaten Poso, ProVinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyegel pintu masuk kantor desa mereka, akibat sebagian besar warganya menolak pelaksana pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa (Kades) Kelei yang baru ditempatkan di desa tersebut oleh pihak Bupati Poso.

Menurut beberapa warga Kelei kepada media ini, mengakui jika penyegelan kantor desa itu mereka lakukan adalah bentuk kekesalan mereka terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso yang telah memberhentikan Kades Kelei, Sophyan Lateka. Yang diwujudkna dengan ditandatanginya SK pemberhentian tetap Kades oleh Bupati Poso.

“Iya benar pak, kami menolak kehadiran pejabat sementara Kades yang telah ditunjuk oleh Bupati Poso. Sebagian besar warga di sini masih menginginkan Kades lama Sophyan Lateka pak, ” urai beberapa warga Kelei yang minta namanya tidak dirahasiakan redaksi.

- Periklanan -

Sehubungan dengan hal itu Bupati Poso, melalui Plt. Staf Ahli Bidang Hukum Pemkab Poso, Jen Gembu membenarkan adanya penolakan Pjs dan penyegelan kantor Desa Kelei oleh warganya.

“Soal SK pemberhentian tetap Kepala Desa Kelei memang telah diterbitkan oleh Bupati Poso, sehingga terjadi penolakan pejabat sementara Kades dan penyegelan kantor desa. Dari berbagai laporan, Kades non aktif baru selesai menjalani hukuman pidana penjara selama sebulan atas putusan Pengadilan Negeri Poso dalam perkara asusila, ” tegasnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Plt. Camat Pamona Timur Aris Bukilo. Menurutnya, segala upaya telah lakukan namun warga tetap menyegel kantor desa dan menolak pejabat sementara Kades.

“Walaupun kantor desa disegel, namun proses pelayanan pemerintahan di desa itu tetap berjalan. Saat ini, pelayanan pemerintahan dilaksanakan di gedung Bumdes Desa Kelei di kompleks kantor desa. Pembukaan segel pintu kantor desa masih menunggu proses sidang di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Palu, yang sedang ditempuh oleh mantan Kades Sophyan Lateka,” tandas camat.(mch)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.