Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Toboli Bakal Jadi Sentra Bongkar Muat Penumpang

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

PelabuhanToboli, Parigi Moutong. (Foto: meidatataruang.com)

PARIMO – Toboli, Kecamatan Parigi Utara, Kabupaten Parimo, oleh pemkab rencananya akan dijadikan sentra bongkar muat penumpang. Rencana tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Parimo, Zulfinachri Achmad.

“Berdasarkan rencana bupati, Toboli akan dijadikan sentra bongkar muat penumpang, “ujarnya, Senin  (16/1).

Menurut Zulfinahri, rencana tersebut merupakan bagian dari pemanfaatan sejumlah fasilitas yang tersedia di Desa Toboli. Diantaranya, terminal Toboli, pelabuhan bahkan rencananya stasiun kereta api. Tujuannya agar tiga sarana angkutan terintegrasi. ” Stasiun kereta itu awalnya di wilayah kota, namun dipindahkan di Toboli,”ungkapnya.

Berkaitan dengan pemanfaatan terminal Toboli, pihaknya sedang berupaya melakukan penertiban. Sebab, terdapat sebanyak 12 Kepala Keluarga (KK) tinggal di sejumlah los-los di dalam terminal. Di terminal tersebut juga masih terkendala dengan ketersediaan air.

Namun, sudah ada solusi yang ditemukan. Pihaknya sudah bermohon kepada desa. Dengan demikian kebutuhan air diterminal Toboli akan tersedia.

“Hal itu diaminkan oleh pemerintah desa,”jelasnya.

Zulfinachri menegaskan, semua yang direncanakan oleh pemkab tesebut tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Satu titik yang disentuh tentunya akan menimbulkan efek terhadap kehidupan masyarakat.

Dampaknya akan ada pertumbuhan ekonomi di Desa Toboli. Kemudian pembangunan infrastrukur, baik perumahan, permukiman itu akan besar.

Nantinya kedepan, bagaiamana antara Dishub, Satpol PP dan Penataan Ruang, bekerjasama menertibkan sesuai dengan RTRW.(iwn)

 

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.