Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

TNI Siap Bangun Pangkalan di Morowali

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

MOROWALI – Wacana pembangunan Pangkalan TNI Angkatan Laut di Kabupaten Morowali sedikit lagi akan terealisasi. Hal tersebut diungkapkan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Palu, Kolonel Marinir Luther Ginting, M.Tr. Hanla., usai berkunjung di PT IMIP, Senin (29/3).
Danlanal mengatakan, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, telah memberikan petunjuk kepada pihaknya untuk melakukan pengamanan strategis di wilayah perairan Morowali. Atas petunjuk tersebut, pihak Lanal Palu kemudian melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Morowali, terkait hibah lahan yang menjadi lokasi rencana pembangunan Pangkalan TNI AL.
“Kami juga sudah menyampaikan hal tersebut, saat melakukan kunjungan ke kantor Bupati Morowali, yang diterima langsung oleh Bupati Morowali, Taslim. Makanya, pemerintah Morowali juga tengah menyiapkan lokasi yang nantinya akan dihibahkan guna pembangunan Lanal di Morowali,” jelas Danlanal sebagaimana dikutip Humas PT IMIP Dedy Kurniawan kepada  Radar Sulteng, kemarin.

Ia melanjutkan, Provinsi Sulawesi Tengah ini memiliki perairan yang cukup luas dan rawan terjadi Ilegal fishing, penyelundupan dan kejahatan lainnya. Terlebih lagi, Kawasan Industri PT IMIP ini adalah salah satu Objek Vital Nasional (Obvitnas). Olehnya itu, keamanan wilayah perairan Morowali ini, khususnya wilayah perairan IMIP harus dijaga. Dan itu sudah menjadi bagian tugas pokok dari TNI AL untuk menjaga keamanan laut di wilayah perairan Sulteng.
“Olehnya itu, sinergitas antara TNI AL, Imigrasi, KKP Morowali dan khususnya pengelola kawasan industri PT IMIP, mesti dilakukan dengan baik. Tujuannya, menjaga keamanan investasi di wilayah ini,” urai Luther Ginting.
Mewakili manajemen PT IMIP, Koordinator Legal Relation PT IMIP, Askurullah mengatakan, pihaknya sangat mengapreasiasi rencana pihak TNI AL, yang akan membangun Pangkalan TNI AL di wilayah perairan Morowali. Tentunya, bagi Askurullah, hal itu secara tidak langsung akan menjadi sebuah dukungan yang positif dalam hal keamanan investasi di kawasan industri PT IMIP, khususnya di wilayah perairan laut.
“Kita tidak bisa menampik bahwa dengan banyaknya aktivitas di kawasan industri ini, khususnya di pelabuhan jetty PT IMIP, tingkat kerawanan tindak kejahatan pun berpotensi ikut meningkat. Makanya, dukungan dari segala pihak, khususnya TNI AL akan sangat membantu. Pihak manajemen akan sangat mendukung kebijakan yang diambil oleh Lanal Palu,” terang Askurullah.
Keberadaan Lanal baru ini nantinya, jelas Askurullah, akan sangat mendukung iklim investasi di kawasan industri PT IMIP. Perlu diketahui pula, kata dia, sebelumnya juga PT IMIP telah melakukan kerjasama dengan pihak Syahbandar dan Imigrasi, berkaitan dengan aktivitas yang terjadi pelabuhan jetty di kawasan industri tersebut. (*/lib)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.