Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

TMMD ke-98 di Sigi, Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Kasdam XIII Merdeka, Brigadir Jenderal TNI Santos Gunawan Matondang, Danrem 132 Kolonel Inf M Saleh Mustafa, Dandim 1306/Donggala Letkol Kav I Gede Masa SIP, Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta SSos MSi dan jajarannya beserta Ketua DPRD Sigi, melakukan peninjauan rumah warga yang rumahnya direhap dalam TMMD ke-98, Rabu (5/4). (Foto: Nendra)

SIGI – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia. Kali ini Kabupaten Sigi mendapat kehormatan menjadi tempat dilaksanakannya TMMD ini. Melalui TMMD ke 98 ini pihak TNI dengan dibantu oleh Pemerintah Daerah ingin lebih mendekatkan diri ke masyarakat dengan melakukan sejumlah pembangunan fisik.

Salah satunya dengan melakukan perbaikan atau rehab rumah rakyat yang dinilai tidak layak huni. TMMD bertujuan mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, khususnya untuk wilayah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil maupun terisolir. Selain itu untuk mewujudkan kemanunggalan TNI dan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Staf Kodam (Kasdam) XIII Merdeka, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Santos Gunawan Matondang, Danrem 132 Kolonel Inf M Saleh Mustafa, Dandim 1306/Donggala Letkol Kav I Gede Masa SIP, Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta SSos MSi dan jajarannya beserta Ketua DPRD Sigi.

Kasdam XIII Merdeka mengatakan, TMMD adalah untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, oleh karena itu TNI memakai sistem padat karya yaitu melibatkan unsur masyarakat untuk membantu pembangunan daerah, bukan mengandalkan alat untuk bekerja. Artinya, bahwa perkerjaan yang dilaksanakan tidak hanya mengandalkan alat berat. Sehingga dalam rangka mendekatkan prajurit dengan rakyat sambil bekerja dan merasakan apa yang dirasakan oleh rakyat dapat terwujud.

“Kegiatan TMMD ini harus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, membuka akses guna percepatan pemerataan pembangunan daerah serta untuk mendorong pertumbuhan perekonomian,” tegasnya

Berbeda dengan yang lain, lanjut Santos, di wilayah Sigi untuk TMMD kali ini bukan sarana infrastruktur jalan yang menjadi sasaran fisik, melainkan yang menjadi sasarannya adalah perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH). Karena di Sigi sendiri berdasarkan hasil rapat sebelumnya dengan Pemerintah Daerah, bahwa masih banyak rumah warga yang perlu untuk diperbaiki.

Hal ini pun menjadi sasaran fisik dari TMMD ke-98. Untuk rumah yang akan dilakukan rehap kurang lkebih sebanyak 30 rumah dari enam desa yang ada di Kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi. Desa-desa tersebut diantaranya Desa Lempelero, Desa Gimpu, Desa Tompe Bugis, Desa Lauwa, Desa Lolabaki dan Desa Tongoa.

Sementara itu kata Kasdam XIII Merdeka, untuk personel TNI maupun Polri yang dilibatkan dalam TMMD kali ini sebanyak 150, dengan ditambah masyarakat sebanyak 150 orang menjadi keseluruhan 300 orang. Pekerjaan ini juga diberikan jangka waktu pengerjaan, yakni dari muali tanggal 5 April sampai dengan 4 Mei 2017.

“Jadi dari 150 personel itu diantaranya dari unsur TNI baik TNI AD, TNI AL dan Polri. Program ini didorong Pemerintah Daerah ke anggaran APBD sebanyak Rp800 juta, dengan menghasilkan 30 rumah,” jelas Santos.

Sementara Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta menyampaikan, terima kasih kepada pihak TNI dalam program TMMD yang sangat bersinergi dengan program inofasi Pemkab Sigi yakni Sigi Masagena. Di tahun ini dikatakan Irwan, Pemkab Sigi juga akan melakukan kerjasama dengan pihak TNI terutama dalam memperbaiki rumah warga yang tidak layak huni.

Nantinya program ini pendanaannya akan diambil dari ADD-DD setiap desa, karena Bupati menilai anggaran yang begitu banyak memang harus dirasakan masyarakat khususnya untuk pembangunan masyarakat terutama rumah-rumah masyarakat yang sudah tidak layak huni.

“Untuk realisasinya program ini kita targetkan di bulan ini, yang mana kegiatan yakni Karyabakti bersama TNI. Nantinya minimal lima rumah dan maksimal sepuluh rumah yang akan dilakukan perbaikan. Kami juga akan melakukan MoU yang saat ini lagi diferifikasi,” ungkap Bupati Sigi.

Dalam kegiatan ini juga dirangkaikan dengan pemasangan jaket kemitraan oleh Kasdam XIII Merdeka kepada Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta, Ketua DPRD Kabupaten Sigi Moh Rizal Intjenae dan Kadis PU Sigi Iskandar Nontji sebagai bentuk kemitraan dan senergitas TNI dengan Pemerintah Daerah. (ndr)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.