Titik Etape Tour de Central Celebes Mulai Disurvey

- Periklanan -

Kadis Pariwisata Ardiansyah Lamasitudju bersama tim ahli melakukan survey titik etape dan sedang berada pada etape 2, di depan Sail Tomini Kayubura, Parigi Moutong. (Foto: Ist)

PALU – Pemerintah provinsi Sulawesi Tengah terus mematangkan pelaksanaan Tour de Central Celebes (TDCC). Panitia provini dan panitia daerah, bersama tim survey melakukan survey etape yang akan dilalui.

Diketahui, even berskala nasional dan internasional, itu bakal melewati sejumlah kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Tojo Una-una, Kabupaten Poso, Kabupaten Parigi Moutong, Kota Palu, Kabupaten Sigi.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah, H Ardiansyah Lamasitudju mengatakan, pihaknya terus memantapkan segala sesuatu persiapan pelaksanaan even tersebut, yang dimulai sejak tahun 2016 lalu. Persiapan terakhir yang dilakukan, yaitu survey lokasi sekaligus pengecekkan titik etape yang akan dilalui pada even tersebut.

- Periklanan -

Survei lokasi itu lanjutnya, dilakukan bersama tim ahli asal Malaysia, PBSI, dan sejumlah pihak terkait lainnya. Di mana, dari hasil survei ditetapkan bahwa jalur balap sepeda internasional itu akan mulai dari Kota Ampana hingga Kota Tentena untuk Etape 1, kemudian dari Tugu Situvu Matoso Poso sampai lokasi Sail Tomini arau Kayu Bura di Kabupaten Parogi Moutong untuk Etape 2, terakhir dari Kayu Bura akan melintasi Sigi sebelum finis di Kota Palu.

“Untuk informasi, berdasarkan keterangan tim survey jalur yang akan dilewati nanti semuanya lengkap untuk kategori tantangan dan rintangan. Sedangkan untuk kedepan nanti kami akan memaksimalkan kondisi jalan yang akan dilewati nanti. Setelah ini, kami akan melakukan evaluasi, untuk menambah yang kurang atau memperbaiki yang perlu diperbaiki, khususnya kesiapan pemerintah daerah maupun kesiapan sarana dan prasarana yang akan dilalui atau digunakan dalam pelaksanaan even tersebut,” ungkapnya saat dihubungi.

Jika tak aral melintang kata dia, pelaksanaan even internasional Tour The Central Celebes itu akan dilaksanakan pada November 2017 mendatang. Selain itu, dalam waktu dekat pula akan dialkukan launching Tour The Central Celebes yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata RI dan sejumlah pihak terkait di Jakarta nanti.

“Untuk waktu tepat launchingnya kita menunggu keputusan dari kementerian. Pada launching nanti, akan ada sejumlah kendaraan yang mengenakan logo Tour The Central Celebes. Nantinya setelah itu, kita akan sebar logonya juga ke semua kabupaten/kota yang dilalui pembalap sepeda pada even internasional tersebut,” pungkasnya. (hqr)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.