Tingkatkan Kapasitas Kompetensi dan Perkokoh Jati Diri

Pesan Rektor pada 1.106 Wisudawan Untad

- Periklanan -

PALU-Wisuda Universitas Tadulako (Untad) Palu ke-95 berlangsung khidmat, Kamis kemarin (24/1) di area lapangan upacara Untad. Sebanyak 1.106 mahasiswa resmi dilepas dengan bangga oleh perguruan tinggi terbesar di Sulawesi Tengah (Sulteng) ini. Meski untuk kali yang kedua, wisuda Untad dilangsungkan di bawah tenda, namun Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS memberi penguatan pada seluruh yang hadir .
“Wisuda di tenda kali ini adalah sebuah refleksi kehidupan. Masih jauh lebih mulia diwisuda di tenda tapi hati kalian serasa berada di gedung bertingkat. Kebahagiaan ternyata ada di hati, dan bukan ada di mata,” kata Rektor dalam pesan almamater yang dibacakannya.
Kepada para wisudawan, Prof Basir berpesan agar selalu meningkatkan kapasitas kompetensi dan memperkokoh jati diri. Sebab kata dia, dua hal itu amat sangat diperlukan dalam menghadapi setiap perubahan yang terus terjadi. Dia mengilustrasikan, dua orang yang sama-sama kuliah di Fakultas Hukum. Dua orang yang bersahabat amat baik. Persahabatannya kokoh, abadi, dan tak tergoyahkan karena banyak faktor yang diyakini sangat sulit untuk dipisahkan. Namun lanjut Prof Basir, Ketika waktu mengantarkan mereka pada profesi yang berbeda. Satu diantaranya menjadi Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sedangkan yang satunya lagi menjadi pengacara. Ketika kedua sahabat ini sambung Prof Basir berada dalam ruang sidang yang sama. Keduanya akan punya kepentingan yang berbeda.
“Jika tidak sadar dan tak mampu mengelola ruang dan waktu, maka dipastikan persahabatan akan goyah. Di sinilah kuatnya tarikan kepentingan di atas nilai dalam kehidupan dan kesahajaan. Hakikat pesan kehidupan yang ingin digambarkan di sini adalah hendaknya para lulusan Universitas Tadulako terus mengembangkan diri dalam dua aspek varian. Yang pertama jaga dan terus tingkatkan kapasitas kompetensi dan yang kedua, perkokoh jati diri,” kata Rektor Untad dengan lantang.
Pada kesempatan itu, Rektor juga menyampaikan dengan bertambahnya lulusan Untad pada wisuda kali ini, total alumni Untad sudah mencapai 66.104 orang.
“Kembali saya ingatkan, kiranya suka dan duka selama menempuh pendidikan dapat dijadikan pelangi kehidupan. Bila perlu kesedihan dan tantangan dijadikan sebagai navigator katalog dalam menunjuk ke mana posisi yang diridhoi oleh Allah SWT,” pungkasnya.
Pada wisuda Untad kali ini, hadir Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Inovasi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Dr Ir Jumain Appe MSc sekaligus menyampaikan orasi ilmiah. (saf)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.