Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Tim BMPR Berhasil Buka Akses Jalan Omu-Tuva

PALU – Akses jalan Desa Omu dan Tuva Kabupaten Sigi yang sebelumnya putus akibat diterjang banjir bandang Senin (28/3), kini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.
Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah, Ir. H. Syaifulah Djafar, MS.i dihubungi, Jumat (3/4) mengatakan, akses jalan yang menghubungkan dua desa yakni, Omu dan Tuva berhasil dibuka tim BMPR yang bekerja sejak tiga hari lalu. Menurunkan tiga alat berat tim BMPR berhasil memindahkan material kayu juga menutup jalur jalan dan mengeruk tanah dipinggir sungai didekat jalan yang terputus akibat diterjang banjir bandang. “Mulai hari ini sudah bisa dilalui kendaraan,” katanya.
Saat ini kata Syaifullah, jalurnya saat ini masih jalur alternative dan tim Bina Marga sedang mengupayakan membuka akses jalur lain yang masih terputus yakni, Jalur Desa Tuva-Desa Salua.”Selanjutnya sedang kita upayakan untuk membuka akses jalan menuju Desa Salua- Kulawi yang jalurnya masih tertimbun longsor,” ujarnya.
Syaifullah menambahkan, untuk ruas jalan di wilayah Kabupaten Sigi yang terputus akibat diterjang banjir bandang diperlukan penanganan lintas instansi, seperti penanganan aliran sungai oleh Balai Wilayah Sungai, dan penanganan jalan – jalan lokal yang menjadi kewenangan pemkab Sigi. “Koordinasi tim Bina Marga dan Balai Sungai sedang dilakukan untuk perencanaan normalisasi sungai dan perencanaan pembuatan jalan baru,” jelasnya. (ron)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.