Tiga Traffic Light di Palu Dipasangi ATCS

- Periklanan -

KAMERA KONTROL: Traffic light di Jalan Basuki Rahmat-Zebra yang menggunakan metode ATCS. (Foto: Mugni Supardi)

PALU – Dari 29 traffic light yang tersebar di Kota Palu, hanya ada tiga Traffic light yang sudah dipasangi sistem Areal Traffic Control System (ATCS), yaitu traffic light simpang Jalan Dewi Sartika-Basuki Rahmat-Moh.Yamin, simpang Jalan Emi Saelan-Touwa, dan traffic light pertigaan Jalan Basuki Rahmat-Zebra.

Kepala Seksi Perawatan Prasarana Dinas Perhubungan Kota Palu, Syarifuddin Jumat (10/2) lalu mengatakan, seharusnya 2017 ini ada sekitar 7 simpang jalan yang dibangun Traffic light lengkap dengan ATCS, namun pihaknya tidak dapat melakukan pergantian itu, dikarenakan belum adanya anggaran dari Pemkot untuk dapat mendanai penggantian Traffic light tersebut.

“Sebenarnya ada tujuh simpang lagi yang kita rencanakan bangun traffic light dengan metode ATCS, tapi tidak tahu kenapa terpending, mungkin karena tahun kemarin banyak dana Dishub yang dipotong,” tuturnya.

- Periklanan -

Tiga traffic light yang dibangun pada 2015 itu dapat dikontrol langsung dari kantor Dishub Kota Palu, dan dapat menghitung jumlah dari kuantitas kendaraan pada satu jalur jalan. Alat itu otomatis akan memberikan perintah pada program untuk melakukan pengurangan atau penambahan waktu pergantian warna lampu traffic light.

“Kalau kendaraannya sedikit, kamera kontrol itu secara otomatis mengurangi waktu berhenti, begitu juga sebaliknya, jika kendaraan ramai, otomatis waktu berhenti akan bertambah,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, traffic light yang sudah ATCS, sangat mempermudah dalam mengatur arus lalu lintas dan menekan angka lakalantas. Bukan hanya itu, Traffic light dengan metode ATCS sangat membantu kinerja Pemerintahan Kota Palu, terutama pada saat–saat yang genting, seperti terjadi kebakaran.

“Traffic light itu akan memberikan lampu merah pada seluruh lawan jalur yang di lewati mobil pemadam kebakaran, jadi tidak terhalangi. Juga membantu aparat kepolisian,” terangnya.(cr8)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.