Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Tiga Rekomendasi KPK ke Pemprov Sulteng

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Terkait Pemberantasan Korupsi Terintegrasi

FOKUS TIGA HAL: Para pimpinan SKPD mengikuti rakor dengan KPK baru-baru ini. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

PALU- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memberikan tiga rekomendasi kepada Pemprov Sulteng tekait pemberantasan korupsi terintegrasi di Sulteng. Dari sekian rekomendasi, KPK fokus pada tiga hal yakni penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, dan pelayanan terpadu satu pintu.

Hal ini terungkap dalam rakor Penyusunan Rencana Aksi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Pemprov Sulawesi Tengah baru-baru ini. Rakor menghadirkan tim Tim Unit Kerja Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia.

Tim ini dipimpin oleh Adlinsyah M Nasution. Sedangkan dari pemprov hadir beberapa kepala SKPD antara lain kepala Bappeda, Kadis Kominfo, Kaban BPKAD, Dinas PU dan instansi terkait lainnya. Rakor dipimpin Staf Ahli Bidang Ekonomi,Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Dr.Rusdi Bachtiar Rioeh mewakili gubernur.

Ketua tim mengungkapkan, rencana aksi yang harus dilakukan Pemprov Sulteng  diantaranya, implementasi aplikasi e-planning, e- budgeting, e-project planning, e-procurement, e-delivery ,e-controlling, e-payment dan e-performance.

Terkait pengadaan barang dan jasa, rencana aksi yang harus dilakukan adalah penguatan kedudukan, struktur organisasi,dan sumber daya ULP, penguatan infrastruktur dan sistem pengadaan; dan pemusatan pengadaan jaringan internet di Dinas Kominfo. Sedangkan pembuatan dan pengelolaan aplikasi untuk mensukseskan e-governance, KPK meminta agar Pemprov memberdayakan SDM dari pihak pemerintah (tenaga IT).

Kalaupun SDM PNS belum ada yang mumpuni Pemprov bisa memberdayakan mahasiswa di bidang IT dari perguruan tinggi untuk membantu pemerintah. Selain itu KPK meminta agar segera dibentuk Tim Renaksi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi.

Menanggapi Hal ini Kadis Kominfo Prov Sulteng, Moh Nizam siap memfasilitasi Pemusatan Pengadaan Jaringan Internet demi terciptanya Renaksi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi E- Governance.(sya/*)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.