Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Tidak Hanya Mudik Gratis, Warga Minta Kembali pun Bisa Ditanggung

PALU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melalui Dinas Perhubungan Provinsi Sulteng, menyelenggarakan mudik gratis. Namun dalam mudik gratis ini, masih ada pula beberapa keinginan masyarakat, salah satunya ketersediaan mudik gratis pulang pergi. Hal ini disampaikan Muh Nur Korompot, salah seorang pemudik asal Kabupaten Buol.

Ia mengaku sudah ketiga kalinya Nur bersama keluarga mengikuti mudik gratis yang di selenggarakan Dishub Provinsi Sulteng. Kepada media ini Nur mengaku sangat terbantu dengan tersedianya mudik gratis ini, khususnya bagi dirinya yang kampung halamannya cukup jauh jarak tempuhnya.

Disamping rasa bahagianya itu, Dosen IAIN ini juga menuturkan keinginannya yakni ketersediaannya kendaraan gratis untuk kembali ke Kota Palu. “Karena selama ini cuman kendaraan gratis pergi saja, kami berharap pemerintah juga menyiapkan kendaraan gratis saat kembali lagi ke Palu,” jelasnya.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Satriani warga Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali. Ia mengaku baru pertama kali menggunakan jasa transportasi darat gratis ini. Informasi tersebut ia dapatkan dari media sosial. Satriani pun mengajak teman serta keluarga lain untuk bersama-sama pulang ke Kabupaten Morowali. “Kalau disediakan juga mudik gratis pulang-pergi masyarakat pun akan merasa lebih senang dan terbantu. Saya berharap di tahun depan sudah ada mudik gratis pulang-pergi,” terangnya.

Sementara itu Kepala Bidang Angkutan, Dishub Provinsi Sulteng Sumarno mengaku bahwa pihaknya hanya menyediakan mudik gratis saat pergi saja. Sementara untuk kembali lagi, kami tidak menyiapkannya. Akan tetapi keinginan masyarakat itu, sudah diimbau oleh Pemprov Sulteng kepada setiap Pemerintah Daerah masing-masing agar bisa menyediakan kendaraan gratis untuk masyarakat yang ingin kembali ke Kota Palu. “Kedepan mungkin akan kami usahakan mudik gratis pulang-pergi, namun yang akan digratiskan masyarakat yang terdata oleh Dishub sejak berangkat dari Kota Palu,” katanya.

Disamping itu, di bulan puasa ini demi kenyamanan pemudik, Dishub Provinsi juga menyediakan makanan berbuka puasa bagi umat muslim berupa kue serta air. Tidak hanya kepada yang menjalankan ibadah puasa saja, makanan tersebut juga dibagikan ke seluruh pemudik. “Kami berharap semua penumpang sampai dengan selamat di kampung halamannya masing-masing,” pungkas Sumarno. (ndr)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.