Tidak Hadiri Tes, 26 Peserta Calon Polisi Dianggap Gugur

- Periklanan -

Proses pemeriksaan administrasi yang digelar pekan kemarin. (Foto: Agung Sumandjaya)

PALU – Satu tahapan dalam seleksi penerimaan anggota Polri tahun 2017, yakni pemeriksaan administrasi (Rikmin), telah dilewati.

Di tahapan ini, dari 2.034 peserta yang mengikuti seleksi, tersisa 1.684 peserta yang melanjutkan ke tahapan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) Pertama.

- Periklanan -

Pengumuman Rikmin sendiri selesai diumumkan pada Minggu malam (23/4). Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Sulteng, Kombes Pol Kif  Aminanto mengungkapkan,  pengumuman ini sendiri dilakukan secara transparan. Para peserta yang tidak lulus, akan diberikan informasi apa yang mengganjal, sehingga gugur di tahapan Rikmin ini. “Hasilnya dari 2. 034 orang peserta, yang TMS (tidak memenuhi syarat) ada sekitar 350 orang,” ungkap Kif.

Adapun rinciannya, untuk penerimaan Polri jalur Akpol dari 48 peserta (32 pria-8 wanita), 8 di antaranya tidak memenuhi syarat, seperti tinggi badan yang tidak sesuai persyaratan, juga waktu domisili yang kurang dari setahun serta 3 orang diantaranya mengundurkan diri.  Untuk penerimaan Polri jalur Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), dari 1664 peserta (1.385 pria-279 wanita) ada sekitar 283 peserta tidak memenuhi syarat (191 pria- 92 wanita). “Tidak memenuhi syarat karena tinggi banyak ada 240 orang, domisili kurang dari 2 tahun ada 16 orang, nilai kurang ada 8 orang dan menggunakan paket B ada 1 orang dan 18 orang mengundurkan diri,” tuturnya.

Sementara untuk Tamtama, dari 322 peserta, yang tidak memenuhi syarat sebanyak 59 peserta. Dengan rincian ; mengundurkan diri sebanyak 5 orang, tinggi badan yang kurang dari 163 cm 53 orang, dan ijazah paket B 1 orang. Sebanyak 26 peserta penerimaan polri tahun ini yang mengundurkan diri, dijelaskan Sekretaris Panitia Penerimaan Daerah Polda Sulteng, Kompol Oki Ahadian, adalah mereka yang tidak hadir saat tes Rikmin Awal digelar selama beberapa hari. “Kita cek memang mereka mengundurkan diri, untuk alasannya bermacam-macam, ada yang mau kuliah lagi dan lain-lain,” jelas Oki.

Usai menjalani Rikmin Awal, para peserta yang memenuhi syarat ini, akan kembali mengikuti proses seleksi yakni Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) Pertama. “Rikkes sendiri sudah dimulai sejak kemarin, dan dilakukan secara bergelombang, kurang lebih sepekan,” ungkapnya. (agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.