Tetap Produksi saat Ramadan, Polisi Musnahkan Tempat Penyulingan Miras

Juga Sita Ratusan Liter Cap Tikus

- Periklanan -

PALU – Para produsen minuman keras (Miras) jenis Cap Tikus, yang beroperasi di wilayah Banawa, seolah tidak mengenal bulan suci Ramadan. Menindaklanjuti laporan masyarakat, terkait masih beroperasinya produksi Miras Cap Tikus, pihak Polsek Banawa langsung melakukan penindakan.

Dipimpin Kapolsek Banawa, Iptu Muhammad Fadly, tempat pembuatan atau penyulingan Miras tradisional ini di Desa Watatu dan Desa Mbuwu, pada Selasa (28/5) sekitar pukul 11.30 wita. Sedikitnya ada empat penyulingan Miras yang digrebek petugas Polsek Banawa. “Tempat penyulingannya langsung kami rusak, dan tutup serta menyita alat-alat produksinya dan barang bukti lain,” sebut Kapolsek.

Kegiatan penertiban penyulingan Miras tradisional ini, kata Fadly, merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat serta perintah langsung Kapolres Donggala, AKBP S Ferdinand Suwarji terkait kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (K2YD). Tidak hanya melakukan penindakan saja, Kapolsek bersama anggotanya juga memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat di sekitar lokasi penyulingan Miras.

- Periklanan -

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan, masing-masing barang bukti 2 jeriken isi 35 liter Miras Cap Tikus dan 1 jeriken berisi 30 liter, yang disita dari penyulingan milik Esrom, warga Desa Mbuwu. Sementara sejumlah alat penyulingan dimusnahkan dengan cara dirusak langsung di TKP. Kemudian 4 jeriken berisi masing-masing 35 liter Miras dari penyulingan milik Toding.

Selanjutnya dari penyulingan Cap Tikus milik Andreas, disita kembali 3 jeriken yang berisi masing-masing 35 liter Cap Tikus dan dari penyulingan milik Bombang, warga Desa Watatu diamankan 3 jeriken, berisi masing-masing 35 liter cap tikus dan satu jeriken berisi 10 liter. “Selain itu, total ada 100 liter yang kami musnahkan langsung di TKP dengan cara membuang ke tanah,” sebutnya.

Sementara para pemilik yang ketika itu tidak berada di tempat, masih dalam pencarian petugas. Sedangkan beberapa yang ditemukan diarahkan menuju ke Polsek Banawa, untuk proses lebih lanjut. (*/agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.