Tes Kesehatan Cagub – Cawagub Sulteng,
IDI : Pasangan Rusdy – Ma’mun dalam Keadaan Sehat

- Periklanan -

PALU – Tim dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyampaikan kondisi Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulteng Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir dalam keadaan sehat. Hal tersebut disampaikan setelah keduanya melakukan tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu, Kota Palu.

“Sekarang bisa kita lihat kondisi paslon  (Rusdy – Ma’mun) dalam keadaan sehat. Tapi kita juga harus tunggu sampai tahapan pemeriksaannya selesai, biar nanti juga disampaikan  oleh dokter spesialis yang memeriksanya,” ujar Sekretaris IDI Provinsi Sulteng Putu Melaya di RSUD Undata Palu, Kota Palu.

Ia mengungkapkan, tim IDI akan melakukan pemeriksaan secara komprehensif. Itu artinya dalam prosesnya nanti bakal melalui banyak tahapan pengecekan medis seperti jasmani, rohani, laboratorium dan MRI.

Putu menambahkan, tim pemeriksa kesehatan merupakan tim gabungan yang terdiri dari IDI Provinsi Sulteng, Himpunan Psikologi Indonesia, dan RSUD Undata Palu. Dia pun menekankan semua tim kesehatan yang ada akan selalu mengedepankan sikap profesionalitas dalam pemeriksaan kali ini.

- Periklanan -

Selain itu, ia menjamin hasil tes kesehatan akan independen dan valid karena terdapat banyak persyaratan untuk dapat menjadi tim pemeriksa seperti merupakan seorang dokter spesialis yang memiliki masa kerja 15 tahun atau lebih dan mendapat surat tugas dari perhimpunan dokter spesialisnya.

Di samping itu, dia melanjutkan, anggota tim dokter pemeriksa juga tidak berafiliasi dengan partai politik manapun. Serta bukan sebagai dokter pribadi bakal calon tersebut.

Dia juga menyampaikan, untuk hasil pemeriksaan sendiri paling lambat harus disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulteng paling tidak dua hari setelah pemeriksaan selesai dilakukan. Meskipun begitu, dia berkomitmen nantinya tim pemeriksa kesehatan akan sesegera mungkin menyerahkan setelah melalui rapat pleno.

“Hasil yang akan didapatkan dari tes ini akan diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU). Nanti KPU yang akan mengumumkan hasilnya,” kata Ilham.

Untuk diketahui, Pasangan Cagub dan Cawagub, Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir menjalani tes kesehatan sebagai bagian dari syarat pendaftaran dalam mengikuti pencalonan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulteng 2020. (*/lib)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.