Portal Berita Online koran Harian Umum Radar Sulteng. Berbasis di Palu, Sulawesi Tengah dan merupakan Jaringan Media Jawa Pos National Network (JPNN)

Telkomsel Edukasi #InternetBAIK Hadir di Palu

Bekali Ratusan Siswa dan Guru Hadapi Era Digital

PALU – Telkomsel menggelar edukasi #InternetBAIK, yang merupakan program CSR Telkomsel untuk menginspirasi para guru dan siswa dalam memanfaatkan Internet secara BAIK (Bertanggung Jawab, Aman, Inspiratif dan Kreatif). Kegiatan yang diikut ioleh 200 peserta yang terdiri dari guru dan siswa SMP/SMA di kota Palu ini dilaksanakan, Kamis (9/5) di Ballroom Santika Hotel Palu mulai pukul 14:00 WITA dan ditutup dengan buka puasa bersama seluruh peserta. Selain edukasi InternetBAIK, kegiatan juga diisi dengan penyerahan bantuan tas sekolah dan donasi secara simbolis kepada perwakilan SMAN 1 Palu, SMAN 4 Palu, SMPN 1 Palu, SMP Al-Azhar Mandiri Palu, dan SMPIT Al-Fahmi.

Program InternetBAIK kali ini bersinergi dengan program Telkomsel LOOP Ngabubuhits yang bertujuan untuk mengajak segment youth untuk tetap berkarya sambil beribadah di bulan Ramadhan melalui pemaparan materi pemanfaatan sosial media dengan konten yang kreatif sembari menunggu waktu berbuka puasa. Selain menambah wawasan dalam membuat konten kreatif di sosial media, peserta juga berkesempatan memenangkan beragam hadiah melalui games-games dan juga doorprize.

General Manager Legal & Stakeholder Management Pamasuka, Intan Nagari, mengatakan dengan melihat ekosistem digital di Indonesia perlu dibangun beriringan dengan semangat yang positif, sehingga dapat menghasilkan berbagai hal yang produktif bagi masyarakat. “Untuk itu kami mengajak berbagai elemen masyarakat untuk berperan aktif membangun kesadaran penggunaan Internet yang positif,” kata Intan Nagari.

Intan lebih lanjut menambahkan bahwa #InternetBAIK merupakan salah satu wujud tanggung jawab sosial Telkomsel sebagai penyedia layanan seluler terdepan di Indonesia yang telah dilaksanakan sejak 2015. Respon yang di dapat dari program ini pun sangat baik, dan hal ini kembali meyakinkan Telkomsel untuk terus mengedukasi masyarakat Indonesia perihal penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat memberikan nilai tambah.

Selain itu kata Intan Nagari, #InternetBAIK adalah wujud kontribusi serta kampanye Telkomsel dalam menciptakan ekosistem digital yang positif di Indonesia dengan melibatkan berbagai stakeholder dalam proses pelaksanaannya. Program edukasi #internetBAIK menghadirkan konsep baru terkait pendidikan cyber wellness yang disebut Pendidikan Kewarganegaraan Digital Indonesia yang diharapkan dapat membantu para guru, sebagai orang tua siswa di sekolah, dalam membimbing dan mendampingi anak-anak dan generasi muda, sehingga dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi secara baik tanpa melupakan nilai-nilai kepribadian bangsa. “Disamping itu program ini juga diharapkan mampu mengajak lebih banyak pihak untuk was pada sejak dini terhadap hal-hal negatif di ranah digital seperti cyberbullying, berita hoax, pornografi dan cybercrime,” jelasnya.

Masih menurut Intan Nagari, program #internetBAIK bermaksud untuk menyampaikan pesan kepada seluruh pengguna untuk memanfaatkan internet secara Bertanggungjawab, Aman, Inspiratif, danKreatif. Penggunaan internet yang bertanggungjawab artinya memanfaatkan internet secara tepat sesuai dengan norma dan etika. Aman berarti pengguna internet terlindungi dari segala potensi kejahatan dan dampak buruk dari Internet. Inspiratifartinya mendorong pemanfaatan Internet untuk hal-hal yang positif dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pengguna dan orang di sekitarnya. Sementara kreatif berarti menciptakan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah pengembangan daya cipta dan kreasi yang bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

“#InternetBAIK sebagai sebuah kampanye cyberwellness yang ditujukan bagi segmen remaja (siswasekolahmenengah) sebagai entry level pengguna Internet dan para orangtua dan guru yang berperan sebagai pengawas dan pendamping, sehingga pemahaman mengenai pemanfaatan Internet secara BAIK diharapkan dapat terwujud secarakomprehensif,” terangnya. (*/ron)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.