alexametrics Teken Kerjasama, Pemkab Balut Dorong Produktifitas Petani Singkong – RADAR SULTENG
Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Teken Kerjasama, Pemkab Balut Dorong Produktifitas Petani Singkong

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

BALUT-Pemerintah Kabupaten Banggai Laut (Balut), telah menandatangani kontrak kerjasama dengan PT. Sinar Borneo Cemerlang, salah satu investor yang bergerak di bidang pengolahan singkong.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Balut, Adung Abdurrahman, menerangkan, kerjasama dimaksud berupa pembelian hasil singkong mentah oleh pihak perusahaan dalam skala besar, selain itu investor juga akan menempatkan pabrik di wilayah kabupaten Balut. Meski tingkat kebutuhan yang menjadi target pasar cukup besar yakni kisaran 250 ton per hari, namun program pemberdayaan petani tersebut diyakini dapat terjangkau. Kadis memastikan dalam prosesnya nanti akan dilakukan pendampingan.

“Tidak langsung dijumlah itu, bertahap, dan kerjasama ini memberikan kemudahan bagi petani,” kata Kadis di ruang kerjanya, Jumat (19/3).

Adung menyampaikan untuk ketetapan harga yaitu mengacu pada standar harga pasar internasional yang berlaku saat ini. Ia menerangkan, Pemda dan investor juga telah menetapkan harga penyanggah untuk menyelamatkan petani jika pasar mengalami collapse. Mengenai harga pembelian itu lanjut Kadis, tidak ada pemotongan, sebab perusahaan langsung menjemput hasil petani dititik kumpul yang telah ditentukan.

“Semua jenis ubi kayu dibeli dengan harga yang sama. Tahap awal ini petani menggunakan bibit yang ada dan selanjutnya akan disediakan bibit berkualitas,” ujar kadis.

Ia menambahkan, Pemda bersama pihak investor sebelumnya telah melakukan survey lapangan, demikian juga dengan ketersediaan lahan pertanian.
Selain kabupaten Balut sambung Kadis, PT. Sinar Borneo Cemerlang ini juga telah berinvestasi pada bidang yang sama di Kabupaten Pati Jawa Tengah.

“Kerjasama ini bertujuan agar dapat memberikan dampak signifikan bagi pendapatan petani, khususnya petani singkong,” ungkapnya.(mgl)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.