Tangkal Radikalisme, Anwar Hafid Ajak Pemuda Pahami Empat Pilar Kebangsaan

- Periklanan -

PARIMO – Kurangnya pemahaman generasi muda terhadap empat pilar kebangsaan, mengakibatkan rentan terpapar paham radikalisme. Pancasila, Undang-undang dasar 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, bila dihayati generasi muda, maka tidak akan mudah terpengaruh paham-paham radikal.

Hal itu disampaikan anggota DPR RI Dapil Sulteng, H Anwar Hafid, saat menghadiri sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, di Desa Toribulu, Kabupaten Parimo, Kamis (22/4/2021). Ditekankan Anwar Hafid, bahwa empat pilar kebangsaan sangat penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Utamanya terhadap pembentukan mental dan karakter generasi muda sejak dini.

“Kurangnya pemahaman empat pilar, dewasa ini membuat diskursus pelaksanaan nilai-nilai agama, sehingga banyak generasi muda kita terjerumus dalam paham radikal atau paham agama yang menyimpang,” sebut mantan Bupati Morowali dua periode ini.

Dampak yang ditimbulkan, karena telah terpapar paham radikalise, kata dia, sangat merugikan di tengah-tengah masyarakat. Seperti aksi-aksi terorisme yang akhir-akhir ini kembali terjadi.

Pada kesempatan tersebut, Anwar yang juga anggota MPR RI ini, meminta para orang tua, juga mengambil peran mencegah paham-paham radikal, dengan meningkatkan pengawasan terhadap anak. Terutama saat anak tengah asik menggunakan gadget atau handphone.

- Periklanan -

“Hal ini dikarenakan, gadget juga sangat berpotensi menjadi pintu masuk liberalisasi yang berakibat pada terdegradasinya nilai-nilai empat pilar,” ungkap Ketua Umum Demokrat Sulteng ini.

Sambung Anwar, empat pilar juga diharapkan menjadi kekuatan utama dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan Narkoba. Olehnya, dia berharap, empat pilar kebangsaan dapat diamalkan benar-benar oleh masyarakat Desa Toribulu, di kehidupan sehari-hari. “Agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kuat dan bermartabat,” tandas Anwar.

Sosialisasi ini, turut pula dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Zulfinachri mewakili Pemkab Parimo. Dalam sambutannya, dia mengungkapkan, Pemkab Parimo sangat mengapresiasi tinggi atas pelaksanaan sosialisasi empat pilar di Kabupaten Parimo.

“Pemkab berharap dengan adanya sosialisasi ini, akan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang empat pilar,” tutur Kadis PMD yang didampingi Kadis Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMDPTSP) Parimo, Fit, S.STP.

Turut hadir sebagai peserta sosialisasi selain masyarakat Desa Toribulu, ada pula Camat, Kades, Tokoh Masyarakat dan Kapolsek setempat. (*/agg)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.