Tanggul Jebol, Rumah Warga di Sausu Piore Digenangi Air

- Periklanan -

PARIMO – Luapan air setinggi betis orang dewasa menggenangi rumah masyarakat di Dusun satu, Desa Sausu Piore, Kecamatan Sausu, Kabupaten Parimo.

Selain karena banjir rob, penyebab utama genangan air tersebut diduga akibat jebolnya tanggul yang berada di dekat pesisir pantai di dusun satu yang dihuni kurang lebih 103 KK terseut. Genangan air sudah berlangsung selama empat hari.

Sayangnya, persoalan yang terjadi sejak lama ini tidak mendapatkan respons dari pemerintah desa. Akibatnya masyarakat merasakan dampaknya. Karena kesulitan mengeluarkan air dari dalam rumah.

“Belum ada tanggapan dari pemerintah setempat. Karena tanggul jebol maka meluap ke pemukiman masyarakat,”ungkap sumber yang tidak ingin disebutkan namanya.

- Periklanan -

Menurut sumber, pembuatan tanggul yang dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat tersebut tidak sanggup menahan kuatnya hantaman ombak. Karena tanggul itu hanya dibuat dari karung diisi pasir dan sudah beberapakali jebol.

Mereka (masyarakat) mengumpulkan uang Rp50 ribu per KK. Selain itu mereka juga sempat menyewa alat berat saat proses pembuatan tanggul.

“Sebenarnya tidak perlu masyarakat sampaikan yang sampaikan ini. Pemerintah desa harusnya tanggap,”kata dia.

Ia menegaskan keinginan masyarakat setempat adalah dibuat tanggul agar supaya kondisi serupa tidak terjadi lagi. Karena hanya itu yang menjadi masalah besar, setiap bulan masyarakat merasakan dampaknya.

Sementara, saat akan dikonfirmasi Kades Sausu Piore Ismail, sedang tidak berada di rumah. “Bapak (kades) ada keluar tadi. Saya tidak tau dia kemana,”kata istri kades. (iwn)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.