TAJUK | Tertib Parkir Tanpa Preman 

- Periklanan -

ADANYA keterlibatan preman dalam pengelolaan parkir sudah menjadi rahasia umum. Tidak saja di Kota Palu. Di semua kota,  praktik seperti itu sudah jamak terjadi. Di mana ada potensi parkir, di situ pula potensial berkembang praktik premanisme.

Menata parkir amatlah kompleks. Ada tuntutan publik atas keteraturan. Ada kebutuhan pengguna jasa parkir atas pelayanan yang baik. Awalnya pemerintah hadir dalam fungsinya untuk mengatur dan melayani. Berkembang kemudian, parkir telah menjadi sumber pendapatan daerah.

Dalam perkembangan inilah dibutuhkan penataan dan pengelolaan parkir yang lebih baik dan akuntabel. Parkir dikelola untuk melayani masyarakat dan pengguna jasa parkir sekaligus menjadi sumber pemasukan kas daerah. Parkir sebagai bagian dari pelayanan publik mesti bebas dari anasir-anasir premanisme dalam pengelolaannya.

- Periklanan -

Tindakan Satgas Saber Pungli Sulteng terhadap sejumlah oknum yang dinilai memanfaatkan pengelolaan parkir secara tidak legal diharapkan memutus mata rantai kesemrawutan sistem yang sudah berjalan selama ini. Pihak Dinas Perhubungan dan pemerintah kecamatan sejauh ini sudah cukup dilibatkan namun keluhan masyarakat terhadap oknum-oknum di lapangan masih sering terjadi.

Kehadiran Satgas Saber Pungli diharapkan memberi efek kejut dan efek jera sekaligus. Perparkiran di sejumlah titik yang ditengarai masih dikendalikan oknum-oknum preman mesti diakhiri. Diambil alih kembali oleh pemerintah dan hasil pungutan retribusinya dimasukkan ke kas daerah. Tidak hanya dinikmati oleh sejumlah oknum yang saling berbagi peran secara ilegal.

Kita berharap pengelolaan parkir makin baik ke depan. Petugasnya terus dilatih dan dibekali keterampilan yang relevan dengan pekerjaannya. Potensi parkir dihitung secara cermat dan sesuai kondisi objektif di lapangan. Jangan lagi ada pihak yang alergi ketika potensi parkir dihitung melebihi apa yang ada selama ini dan menjadi standar bagi target pemasukan pada APBD.

Terutama menjelang lebaran, Pemkot mesti lebih kerja keras. Menertibkan parkir dari oknum-oknum preman. Peran Satgas Saber Pungli diharapkan membantu Pemkot untuk mewujudkan tata kelola perparkiran yang lebih baik.  Kita akan terus membandingkan pengelolaan parkir dari waktu ke waktu sebagai bagian dari evaluasi terhadap kinerja Pemkot. Momen pengelolaan parkir lebaran menjadi bahan evaluasi yang tepat. (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.