TAJUK | Sisi Humanis Polisi Kita

- Periklanan -

BEBERAPA hari lalu, berita negatif dialamatkan pada oknum Buser Polres Parigi Moutong (Parimo). Tentang tewasnya seorang yang diduga terlibat tindakan kriminal. Informasi ini pun menyebar. Tidak saja melalui media konvensional tapi sempat vilar di media online bahkan sosial media.

Sebenarnya hal-hal baik dan terpuji yang dilakukan oleh jajaran kepolisian yang tersebar di daerah ini, bukannya tidak ada. Namun kadang-kadang, hal-hal baik yang jauh lebih banyak dilakukan justeru tertutupi oleh kesalahan yang hanya sekali atau dua kali terjadi. Apa yang dilakukan Kapolsek Bunta, IPTU Chandra yang mengevakuasi pasien miskin dari sebuah desa terpencil, merupakan salah satu bukti sekaligus teladan bahwa polisi kita hadir dan bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya.

- Periklanan -

Bekerja tidak terbatas dengan tugas-tugas penegakan hukum tapi juga memberi pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat. Apa yang dilakukan IPTU Chandra bersama jajarannya akan semakin mendekatkan polisi dengan masyarakat. Kehadiran membantu masyarakat secara langsung akan menjadikan polisi dan masyarakat tidak lagi berjarak. Dengan membangun kedekatan emosional semacam ini, akan lebih mudah bagi aparat kepolisian untuk mengedukasi dan mempersuasi masyarakat agar bersikap dan berperilaku taat hukum dan norma-norma yang berlaku.

Di banyak tempat di pelosok daerah ini,  masih sangat banyak sosok Chandra yang lain. Mereka adalah sosok-sosok yang bersedia mengambil bagian mengenalkan sisi-sisi humanis dari aparat kepolisian kita. Menggendong seorang warga sepanjang 5 km dengan medan jalan yang melewati sungai, semak belukar, dan kadang mendaki, hanya bisa dilakukan seorang anggota kepolisian yang menghayati makna profesinya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat. Kepedulian membantu warga desa terpencil yang sedang menderita sakit hanya dapat dilakukan dengan keikhlasan hati.

Hari ini dan ke depan, kita membutuhkan lebih banyak figur seperti IPTU Chandra. Mereka bekerja di masyarakat sehingga mengerti persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat. Semakin banyak sosok seperti ini yang dimiliki Polri maka tugas-tugas kepolisian juga akan semakin mudah ke depan. Kedekatan dengan masyarakat akan melahirkan dukungan masyarakat dalam bekerja. Dan tanpa dukungan masyarakat di lingkungannya, seorang anggota polisi tidak akan pernah sukses. Dengan pendekatan humanis pula, kita harapkan agar citra polisi di mata publik terus baik dan semakin membaik.  (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.