TAJUK | Safari Ramadan Pemda Jangan Hanya Seremonial

- Periklanan -

MOMENTUM Ramadan dimanfaatkan jajaran pemerintah daerah (Pemda) untuk melaksanakan safari ke masjid-masjid. Setiap tahun kegiatan ini rutin dilaksanakan. Pemprov Sulteng membentuk tim yang dikirim ke daerah-daerah.

Gubernur sampai jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD)  menyebar di berbagai kabupaten saat ini. Kegiatan ini tidak saja melibatkan para pejabat dan birokrat tapi menggandeng para dai yang bertugas menjadi pendamping. Para birokrat akan menyampaikan program pemerintah dan dai yang mendampingi akan memberikan sentuhan rohani kepada jamaah.

Setiap kabupaten/kota menggelar kegiatan serupa. Bahkan sampai ke tingkat kecamatan. Artinya, ada masjid yang kemungkinan dikunjungi tim safari Ramadan provinsi, tim safari Ramadan kabupaten/kota, atau tim safari Ramadan kecamatan. Kegiatan ini sangat positif adanya karena menjadi wadah silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat. Gubernur Sulteng dapat bertatap muka langsung dengan jamaah masjid yang dikunjunginya. Demikian pula para walikota/bupati, kepala OPD, hingga camat berkesempatan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

- Periklanan -

Para pejabat yang ditugasi ke daerah-daerah diharapkan melihat kondisi faktual di masyarakat. Ketika Gubernur bertugas ke Kabupaten Buol dan Tolitoli, akan sangat banyak masukan dan inspirasi yang diperoleh. Sekiranya menggunakan jalan darat ke wilayah tersebut, pasti akan menimbulkan komitmen yang lebih kuat untuk berjuang ke pusat agar jalan ke dua kabupaten tersebut mendapat perhatian. Ketika mengunjungi dua atau  tiga daerah kabupaten dalam waktu bersamaan, akan timbul inspirasi untuk menyinergikan potensi di daerah-daerah itu untuk dikembangkan secara kolaboratif.

Demikian pula para bupati/walikota yang berkunjung ke masjid-masjid di wilayahnya. Kiranya mereka memilih masjid-masjid kecil yang selama ini kurang dikunjungi. Supaya jamaah dan masyarakat di sekitar masjid itu juga merasa diperhatikan. Supaya bupati/walikota melewati jalan yang mungkin selama ini tidak mendapat perhatian pemerintah karena kurang dilalui. Dari situ,  seorang pemimpin akan merasakan keseharian yang dialami oleh rakyatnya. Melewati jalan yang tidak beraspal atau harus menggunakan perahu untuk mengakses fasilitas kesehatan yang jauh.

Perlu pula diingatkan kepada rombongan tim safari Ramadan yang berkunjung ke daerah-daerah agar tetap memperhatikan keselamatan bersama. Semua rombongan tim hendaknya tetap berperilaku wajar dan menjaga etika dan kesoponan ketika melakukan konvoi di jalan raya. Jamak terjadi kecelakaan lalu lintas menimpa rombongan pejabat karena perilaku ugal-ugalan oknum sopir yang merasa mendapat pengawalan dan harus diprioritaskan. Maka penting bagi setiap pimpinan rombongan untuk mengingatkan anggotanya. Agar kehadiran tim safari tidak justeru menimbulkan antipati pengguna jalan dan masyarakat yang dilewati karena ulah oknum sopir yang membahayakan. (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.