TAJUK | Program Kerja IKA Teknik Untad Sangat Inspiratif dan Implementatif

- Periklanan -

IKATAN Alumni Fakultas Teknik Universitas Tadulako (IKA Teknik Untad) sukses melaksanakan rapat kerja (Raker), pekan lalu. Salah satu program yang dihasilkan dalam Raker adalah Kakak Asuh dan Adik Asuh. Melalui program ini, alumnus yang sudah sukses dalam karirnya dapat membantu juniornya yang baru lulus maupun masih kuliah.

Program semacam ini merupakan tindakan ril yang bermanfaat ganda. Manfaat langsung akan diperoleh oleh mereka yang mendapat bantuan. Baik bantuan materil secara langsung maupun bantuan lain, seperti peluang dan kerja sama. Dari sini akan terbangun solidaritas yang makin kuat antaralumni Teknik Untad. Akan lahir kebanggaan sebagai saudara yang lahir dari rahim almamater yang sama.

Manfaat lain akan diperoleh institusi Fakultas Teknik Untad sebagai almamater. Sebab sumbangan alumni merupakan salah satu point penilaian untuk meningkatkan akreditasi. Demikian pula,  ketika seorang alumnus yang telah sukses di bidangnya mampu merekrut junior-juniornya untuk memperoleh pekerjaan, secara tidak langsung juga akan berkontribusi bagi peningkatan akreditasi.

- Periklanan -

Apa yang sedang diprogramkan dan siap dijalankan oleh pengurus IKA Teknik Untad sekiranya dapat menginspirasi dan menjadi sebuah model yang dapat diteladani atau dikembangkan pengurus IKA di lingkungan Untad. Sebuah program yang betul-betul ril dan menjawab kebutuhan alumni maupun almamater. Bukan sekadar program yang biasanya hanya habis di wacana. Bukan sekadar diskusi tanpa tema spesifik sehingga sulit direalisasikan dalam karya nyata.

Sejauh ini IKA Teknik Untad sepertinya menjadi pelopor program Kakak Asuh dan Adik Asuh di lingkungan Untad. Tentu program semacam ini memerlukan ketulusan dan kesolidan yang luar biasa. Ketulusan untuk berbagi dan saling memberi jalan. Kesolidan dengan sesama alumni sekaligus sinergi yang sangat baik dengan fakultas. Almamater membutuhkan kontribusi alumni dan ikatan alumni tentu penting pula untuk selalu menjaga hubungan baik dengan fakultas.

Agar sesama alumni tetap solid dan fokus pada program-program yang implementatif, maka pengurus IKA Teknik Untad penting kiranya untuk tidak masuk ke wilayah-wilayah yang potensial memicu keretakan. Salah satunya adalah keterlibatan yang terlalu dalam dengan masalah-masalah yang terkait dengan suksesi kepemimpinan di almamater. Organisasi alumni jangan sampai digiring untuk kepentingan-kepetingan politik praktis. Biarlah organisasi ini tetap sebagai wadah netral yang menghimpun seluruh potensi anggotanya.

Sebab manakalah organisasi mulai disusupi kepentingan segelintir orang maka pada saat itulah ketikdakharmonisan antaranggota akan terjadi. Pada tempatnya jika alumni memberi masukan bagi pengembangan almamater. Sudah seharusnya alumni turut merumuskan kriteria-kriteria ideal untuk para calon pemimpin di almamaternya. Tapi jangan sampai tergoda untuk menjadikan organisasi sebagai alat bargaining untuk kepentingan pribadi atau kelompok. Dengan peran dan kiprahnya saat ini,  kita meyakini IKA Teknik Untad telah meniti di jalan yang benar lewat program-programnya yang sangat inspiratif dan implementatif.  (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.