TAJUk | Penyerahan Senpi sebagai Wujud  Tumbuhnya Kepercayaan Masyarakat

- Periklanan -

SITUASI keamanan di Kabupaten Poso diharapkan semakin kondusif dari waktu ke waktu. Untuk menciptakan suasana yang demikian dibutuhkan kerjasama dan sinergi antara masyarakat, aparat keamanan, dan pemerintah daerah. Penyerahan senjata api (senpi) rakitan yang dilakukan secara sukarela oleh masyarakat terhadap aparat kepolisian baru-baru ini, menunjukkan bahwa masyarakat semakin taat hukum dan percaya terhadap aparat.

Kondisi inilah yang mesti terus dipelihara dan dirawat semua pihak agar pengalaman-pengalaman buruk yang pernah terjadi di waktu lampau tidak menjadi hambatan untuk menatap kehidupan yang lebih baik dan harmonis di masa mendatang.  Kesadaran salah seorang warga Desa Pandajaya Kecamatan Pamona Selatan untuk menyerahkan senpi yang dikuasainya kepada aparat tentu tidak lepas dari pendekatan yang sudah dilakukan aparat kepolisian selama ini. Itu bukti, jika masyarakat didekati dengan baik pasti mereka akan bersikap koperatif.

- Periklanan -

Semoga hal ini menjadi teladan bagi warga lainnya. Sekiranya masih ada yang menyimpan senpi agar segera menyerahkan kepada pihak yang berwenang. Selain merupakan pelanggaran hukum yang berat, masih adanya warga yang menyimpan senpi potensial menjadi pemicu munculnya kembali keretakan hubungan dalam kehidupan bersama. Menyimpan senpi secara ilegal hanya akan meresahkan pemiliknya. Lebih banyak mudarat dibanding manfaatnya. Lebih baik masyarakat kembali kepada kehidupan normal dan bekerja untuk meningkatkan taraf hidupnya.

Kita berharap agar masyarakat Kabupaten Poso yang pernah merasakan trauma berkepanjangan akibat konflik sosial yang kemudian berlanjut dengan aksi-aksi teror,  kini dapat menikmati suasana kehidupan yang lebih damai sebagaimana yang dirasakan masyarakat di tempat-tempat yang lain. Dengan konsep pembangunan yang berbasis pedesaan diharapkan menjadi stimulus dan pemicu semangat bagi warga untuk bangkit dari keterpurukan akibat konflik di masa lalu. Semoga kucuran dana desa yang saat ini menjadi program pemerintah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan dan kemakmuran bersama.

Kabupaten Poso harus diikhtiarkan bersama oleh seluruh lapisan masyarakatnya untuk kembali menjadi salah satu wilayah yang maju di Sulteng. Semua itu akan terwujud bila masyarakatnya saling percaya dan saling menjaga. Sementara pemerintah daerah ada aparat keamanan hadir sebagai pelayan dan pengayom. Spirit seperti harus senantiasa digelorakan bersama untuk menepis keraguan dan rasa pesimistis menghadapi masa depan. Penyerahan senpi yang dilakukan masyarakat kepada aparat menjadi pertanda baik untuk menyongsong masa depan Kabupaten Poso yang lebih baik di hari-hari mendatang. (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.