Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

TAJUK | Pengawas Pemilu yang Berintegritas

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

Anda ingin Beriklan di Situs ini? Hubungi : 08114582818

ANGGOTA Panwas kabupaten/kota se-Sulteng telah dilantik. Mereka merupakan figur-figur terpilih yang telah melalui proses seleksi. Sebagai yang terpilih dari sekian banyak pelamar maka patut kiranya jika publik menitip harapan agar kelak mereka menjadi bagian dari penyelenggara pemilu yang berintegritas tinggi.

Integritas penting dalam mengembang tugas-tugas pengawasan, sama pentingnya dengan pengetahuan teknis kepemiluan serta pemahaman dasar tentang sistem politik Indonesia kontemporer.  Tanpa integritas maka mereka yang diberi amanah sebagai anggota Panwasriskan untuk melakukan malfungsi dalam implementasi tugas dan perannya. Tanpa pengetahuan kepemiluan, dapat membuka ruang bagi terjadinya disfungsi tugas.

Bila mencermati proses rekrutmen anggota Panwas kabupaten/kota maupun anggota Bawaslu provinsi, tidak terlihat adanya figur-figur yang selama ini telah dikenal luas oleh publik yang turut mendaftar. Tapi ini tidak berarti bahwa kita harus pesimistis untuk terpilihnya anggota Panwas kabupaten/kota maupun Bawaslu Sulteng yang memiliki syarat integritas dan kapasitas.

Bahkan kita harus optimistis bahwa saat ini sedang lahir generasi baru yang siap mengambil bagian dan peran dalam perbaikan kualitas demokrasi di Sulteng. Khususnya menjadi pengawal proses pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah yang fair, adil, dan bermartabat. Mereka yang baru saja dilantik sebagai anggota Panwas kabupaten/kota hendaknya bekerja dengan penuh kesungguhan untuk menjawab harapan publik akan terwujudnya pemilu berkualitas dan bermartabat sebagai jembatan untuk menghasilkan pemimpin yang amanah.

Setelah dilantik dan mengikuti pembekalan, hendaknya segera bersiap melakukan konsolidasi internal. Euforia keberhasilan setelah terpilih menjadi anggota Panwas jangan terlalu berlarut-larut. Anggota Panwas yang telah dilantik dan diambil sumpahnya harus memutus seluruh relasi yang potensial mempengaruhi dan mengganggu independesinya sebagai penyelenggara pemilu. Termasuk dengan pihak-pihak yang mungkin dianggap telah membantu untuk menjadi seorang anggota Panwas. (**)

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.