TAJUK | Pembangunan SSC Penting bagi Generasi Mendatang  

- Periklanan -

PEMKAB Banggai berencana membangun Sudarto Sport Center (SSC). Lokasi pembangunan pusat olahraga tersebut terletak di eks Lapangan Sepak Bola Persibal Kelurahan Baru Kecamatan Luwuk. Nama Sudarto sengaja dipilih untuk mengabadikan sosok yang pernah menjabat Bupati Banggai sebelum terpilih menjadi wakil gubernur Sulteng untuk dua periode itu. Pemilihan nama Sudarto tepat mengingat yang bersangkutan merupakan salah satu tokoh di daerah ini yang sangat populer di kalangan masyarakat Banggai.

Pembangunan SSC yang digagas bersama Bupati Herwin Yatim, Wakil Bupati Mustar Labolo, dan Ketua DPRD Banggai Samsul Bahri Mang merupakan program yang sangat progresif dan visioner. Akan banyak manfaat dan sisi positif dari keberadaan SSC di masa mendatang. SSC akan menjadi pusat pembinaan atlet-atlet asal Banggai untuk dipersiapkan menjadi duta-duta olahraga daerah dalam even-even yang berskala regional, nasional, bahkan internasional.

Keberadaan pusat olahraga bagi setiap daerah juga penting sebagai fasilitas publik yang dapat dimanfaatkan bersama. Pusat olahraga sebagaimana pula pusat seni dan budaya menjadi keniscayaan untuk menjaga keseimbangan dengan pembangunan yang berorientasi fisik seperti jalan, jembatan, bendungan, dan lainnya. Kehadiran pusat-pusat olahraga, seni, dan budaya di setiap daerah dibutuhkan untuk mengakselerasi pembangunan yang berorientasi pada pembentukan karakter.

- Periklanan -

Ada kesan selama bergulirnya era otonomi daerah dan terjadinya liberalisasi politik lokal, aspek-aspek ini kurang tersentuh. Pemerintah daerah dengan dukungan DPRD cenderung hanya terfokus pada pembangunan jalan, drainase, puskemas, kantor desa, dan kantor Badan Perwakilan Desa (BPD). Pembangunan ruang publik seperti gedung olahraga, gedung pertunjukan seni dan budaya, hampir terabaikan. Kalau pun masih ada yang bertahan, itu merupakan sisa-sisa pembangunan pada masa orde baru.

Padahal keberadaan gedung olahraga dan gedung pertunjukan seni yang representatif di suatu daerah selain akan menjadi land mark bagi daerah tersebut juga merupakan kebutuhan alamiah bagi masyarakat. Sebab masyarakat butuh relaksasi dan rekreasi yang dapat dipenuhi dalam suatu ruang sosial tempat berinteraksi seperti SSC yang akan segera dibangun Pemkab Banggai. Makin berkembang suatu daerah akan makin sibuk pula aktivitas masyarakatnya. Kesibukan tanpa ruang untuk relaksasi dan rekrasi hanya akan melahirkan kota mati yang dihuni oleh robot-robot tidak berjiwa.

Pada alur pikir seperti inilah rencana pembangunan SSC oleh Pemkab Banggai patut diapresiasi. Sangat relevan dengan kebutuhan kekinian dan tuntutan kehidupan masyarakat yang makin dinamis.  Jika SSC berhasil diwujudkan diharapkan akan menjadi ikon baru bagi Kabupaten Banggai. Kelak akan dikenang sebagai karya yang ditinggalkan oleh Bupati Herwin Yatim, Wakil Bupati Mustar Labolo, dan Ketua DPRD Banggai Samsul Bahri Mang untuk generasi masa depan.  (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.