TAJUK | Orang Baik Harus Berani Ambil Peran

- Periklanan -

TIM seleksi (Timsel) calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng periode 2018-2023 telah terbentuk dan segera akan bekerja. Dimulai dari pengumuman pendaftaran calon dan diakhiri dengan penyampaian nama calon ke KPU.

Proses ini akan berlangsung Februari ‚ÄďMei. Dengan melewati serangkaian tahapan tes, diharapkan akan terpilih 10 calon terbaik yang selanjutnya akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di KPU. Dari 10 nama yang diajukan Timsel, KPU akan menetapkan lima calon terpilih.

Proses rekrutmen calon anggota KPU pada semua level merupakan tahapan penting dalam suatu tujuan besar untuk terwujudnya Pemilu yang LUBER dan JURDIL. Karena itu, proses rekrutmen keanggotan Timsel sendiri menjadi sangat penting dan strategis. Tanpa Timsel yang mampu bekerja profesional dan mandiri akan sulit terseleksi calon anggota KPU Provinsi yang kompeten dan berintegritas. Maka tumpuan harapan publik kini berada di tangan Timsel.

- Periklanan -

Semua pihak yang punya konsen terhadap Pemilu dan demokrasi harus memberi dukungan sekaligus kontrol kepada Timsel agar mereka dapat bekerja secara mandiri dan transparan sehingga kelak hasilnya kredibel dan akuntabel. Pada saat yang bersamaan, publik perlu mendorong figur-figur terbaik di daerah ini untuk terlibat dan mengambil bagian dalam proses seleksi. Orang-orang yang diyakini baik dan punya integritas moral harus didorong, diyakinkan, dan didukung.

Publik tidak boleh abai dan membiarkan mereka yang punya rekam jejak yang baik selama ini untuk sekadar jadi penonton hanya dengan alasan tidak ingin mengejar jabatan dan seolah-olah mencari pekerjaan. Cara berpikir seperti ini sudah harus dirubah karena dari titik inilah ruang dan peluang terbuka lebar bagi pihak-pihak yang sesungguhnya tidak atau belum tepat untuk jabatan-jabatan publik yang sangat strategis seperti anggota KPU Provinsi.

Apa yang pernah terjadi dalam rekrutmen anggota Bawaslu Sulteng beberapa waktu lalu jangan sampai berulang dalam rekrutmen anggota KPU Sulteng saat ini.  Supaya mereka yang memiliki kemampuan yang sudah teruji dan rekam jejak yang tidak tercela bersedia untuk turut ambil bagian maka Timsel harus  memastikan dan menjamin bahwa proses seleksi akan dilaksanakan dengan objektif dan berintegritas. Kemampuan diri setiap calon dalam segala aspek akan menjadi satu penilaian yang utuh sebagai dasar untuk meloloskan atau tidak.

Begitu pula dengan penelusuran rekam jejak harus dilakukan sedalam mungkin dengan membuka ruang partisipasi bagi publik untuk menyampaikan apa saja yang diketahui tentang sosok seorang calon. Tentu Timsel harus punya mekanisme dan filter agar tidak terjerumus pada fitnah dan intrusi terhadap privasi. Dengan dukungan yang kuat dan kontrol publik yang ketat dalam mengawal kinerja Timsel dan keterlibatan sebanyak-banyaknya putera-puteri terbaik daerah ini dalam proses seleksi, kita optimistis akan terpilih komisioner KPU Sulteng periode 2018-2023 yang kompeten dan berintegritas. (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.