TAJUK | Menumbuhkan Inisiatif dan Membangun Sinergi

- Periklanan -

PIPANISASI air bersih ke rumah-rumah kini sudah dinikmati warga Dusun Pantende Kelurahan Sayo Kecamatan Poso Kota Selatan Kabupaten Poso. Untuk mendapatkan air bersih, selama ini warga harus berjuang keras dan menghabiskan waktu. Menimba dengan ember atau jeriken dari sumber air lalu diangkut ke rumah masing-masing. Tapi dengan pemasangan pipa dari sumber air langsung ke rumah-rumah, warga makin terbantu dan dimudahkan.

Program pipanisasi merupakan inisiasi dari petugas Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta pihak pemerintah kelurahan. Maka sebagai wujud kesyukuran warga atas keberhasilan program ini, mereka menggelar syukuran yang dihadiri Bupati Poso Darmin Sigilipu, Dandim 1307 Poso Letkol Dody Trio Hadi, dan Wakapolres Poso Kompol I Gde Swara. Hadir pula unsur Tripika, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan lainnya. Warga menyambut antusias hasil akhir program bersama ini.

Keberhasilan program pipanisasi air bersih ke rumah-rumah warga sangat positif dilihat dari berbagai aspek. Air bersih merupakan kebutuhan primer dan vital bagi setiap rumah tangga. Sumber air sebenarnya tersedia tapi karena tidak ada prakarsa untuk memulakan program pipanisasi maka selamanya warga dalam kesulitan. Dengan adanya inisiatif dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa maka terwujudlah program pipanisasi dengan swadaya masyarakat.

- Periklanan -

Artinya, di setiap tempat dibutuhkan pilar-pilar penggerak pembangunan yang menjadi fasilitator dan motivator bagi masyarakat setempat. Pihak Bhabinkamtibmas dan Babinsa sudah menjalankan peran ini dengan sangat baik. Keduanya dapat bersinergi melakukan sesuatu yang sederhana tapi sangat bermanfaat bagi masyarakat. Di tempat lain, prakarsa dan sinergi semacam ini bisa diteladani dan dikembangkan sehingga kehadiran anggota Polri dan TNI di suatu wilayah lebih bermakna bagi masyarakat dan lingkungannya. Tidak sekadar datang menjaga keamanan tapi hadir memberi solusi atas masalah yang dihadapi masyarakatnya.

Atas prakarsa dan sinergi yang telah dilakukan Bhabinkamtibnas dan Babinsa di Dusun Pantende Kelurahan Sayo Kabupaten Poso, pimpinan Polri dan TNI di daerah tersebut perlu memberikan apresiasi kepada anak buahnya. Karena sejatinya mereka telah melaksanakan tugas kemasyarakatan dengan baik. Cara ini akan semakin mendekatkan TNI/Polri dengan masyarakat dan hal itu dibutuhkan terutama karena catatan historis Kabupaten Poso yang pernah mengalami konflik. Kebersamaan masyarakat dengan TNI/Polri adalah cara efektif merawat situasi kondusif yang ada saat ini.

Setelah ini, kita berharap akan semakin banyak inisiatif serupa yang dikembangkan jajaran TNI/Polri yang bertugas di desa-desa. Bersinergi dengan masyarakat dan aparat desa untuk membangun kehidupan yang lebih baik. Saat ini momentumnya sangat tepat sejalan dengan adanya dana desa dengan jumlah cukup signifikan yang mengalir ke desa setiap tahun. Semoga jajaran Bhabinkamtibmas, Babinsa,  kepala desa dan aparatnya serta masyarakat desa sendiri dapat bersinergi memanfaatkan dana desa untuk kemasalahatan bersama. Mencegah agar dana desa tidak bocor dan disalahgunakan oleh segelintir orang.  (**)

- Periklanan -

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.